TNI AL Berhasil Tangkap Kapal Vietnam Penangkap Ikan Ilegal

TNI AL Berhasil Tangkap Kapal Vietnam Penangkap Ikan Ilegal
Photo: Dispenal

Barometermedan | Anambas ~ TNI Angkatan Laut dalam hal ini KRI Sutedi Senoputra (SSA)–378 berhasil menangkap satu kapal ikan asing berbendera Vietnam yang diduga menangkap ikan secara ilegal di perairan Anambas, Sabtu (22/9/2018).

Penangkapan dipimpin langsung Komandan KRI SSA-378, Letkol Laut (P) Zulfahmi. KRI SSA-378 merupakan satuan Kapal Ekscorta Komando Armada I yang melaksanakan Operasi Malaka Sagara-18 BKO Gugus Tempur Laut Komando Armada I yang dipimpin oleh Laksamana Pertama TNI Irvansyah.

Photo: Dispenal

Diduga kapal ikan Vietnam yang sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan di wilayah NKRI (ZEEI) itu tidak memiliki dokumen lengkap dan sah dari pemerintahan RI.

Kejadian berawal saat KRI SSA-378 menemukan kontak kapal dari radar Sperry Marine Master, dengan kecepatan 2 knot. Setelah dilaksanakan kontak menggunakan radio namun tidak mendapat jawaban, dikarenakan pergerakan kapal mencurigakan, Komandan KRI SSA-378 memerintahkan untuk dilaksanakan peran Pemeriksaan dan Penggeledahan.

Photo: Dispenal

KRI SSA-378 melihat di radar kapal asing itu menambah kecepatan menjadi 4 knot dan merubah halu menjadi 290. Kemudian dilaksanakan pengejaran namun pada saat didekati kapal tersebut melakukan gerakan berputar dan membahayakan KRI SSA-378. Akhirnya Komandan KRI SSA-378 memerintahkan untuk dilaksanakan tembakan peringatan ke udara sebanyak 4 kali.

Setelah kapal berbendera Vietnam itu berhasil diberhentikan, prajurit TNI AL langsung melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan, dan diketahui bahwa kapal itu tidak memiliki dokumen. Selanjutnya kapal bersama seluruh ABK dikawal oleh KRI SSA-378 menuju Lanal Tarempa untuk menjalani proses lebih lanjut. (Dispenal)

Tags:
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas