Tindaklanjut MoU TNI AD-PT PLN, Tim Sterad Tinjau PLTU Labuan Angin

Tindaklanjut MoU TNI AD-PT PLN, Tim Sterad Tinjau PLTU Labuan Angin
(Photo: Penrem 023/KS)

Barometermedan | Tapteng ~ Tim Sterad (Staf Teritorial Angkatan Darat) Mabes Angkatan Darat melakukan peninjauan ke PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Labuan Angin, Kabupaten Tapanuli Tengah, Selasa (24/7/2018).

Peninjauan tim yang dipimpin Kolonel Kav Prince Meyer Putong, SH (Paban II/Puanter Sterad), Letkol Arm Stefie Jantje Nuhujanan (Pabandya-2/Waslatter & Katpuan Sterad) serta Mayor Inf Denny ini, disambut langsung Komandan Korem (Danrem) 023/Kawal Samudera, Kolonel Inf Mohammad Fadjar didampingi Dandim 0211/Tapanuli Tengah, Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu, Kasiter Korem 023/KS, Letkol Inf Nelson Rajagukguk, Asisten Manager PLTU Labuan Angin Yosef Sebastian Tobing, dan pihak terkait lainnya.

(Photo: Penrem 023/KS)

Tujuan tim mengunjungi PLTU Labuan Angian adalah untuk menindaklanjuti nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) antara TNI AD dengan PT PLN (Persero). Nota kesepahaman itu berisi tentang penyelenggaraan pendampingan dan pelatihan dalam rangka penerimaan dan pengujian batu bara yang meliputi pendampingan oleh TNI AD pada proses penerimaan dan pengujian batu bara serta pelatihan personel dalam rangka pengujian kuantitas dan kualitas batu bara yang digunakan sebagai energi primer pembangkit PLN.

“Kerja sama ini bagian dari upaya mendukung sistem ketahanan ketenagalistikan nasional. Sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman itu, TNI Angkatan Darat menyiapkan dan memilih personelnya melalui tes psikologi untuk ditugaskan membantu PLN, salah satunya di PLTU Labuan Angin ini,” terang Kolonel Kav Prince Meyer Putong.

(Photo: Penrem 023/KS)

Untuk wilayah Pulau Sumatera, lanjutnya, kerja sama pelaksanaan pendampingan dan pelatihan penerimaa dan pengujian batu bara untuk pembangkit listrik berbahan bakar batu bara (PLTU), ada di enam lokasi. Yakni:

1. PLTU Nagan Raya, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
2. PLTU Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.
3. PLTU Labuan Angin, Kabupaten Sibolga, Provinsi Sumatera Utara.
4. PLTU Ombilin, Kabupaten Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat.
5. PLTU Sebalang, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.
6. PLTU Teluk Sirih, Kabupaten Bungus, Provinsi Sumatera Barat.

(Photo: Penrem 023/KS)

Sebelumnya, Tim Sterad Mabesad tiba di PLTU Labuan Angin dengan menggunakan speedboat dari Hotel Wisata Indah, Sibolga. Setibanya di lokasi, tim langsung mendapat penjelasan dari Staf PLTU Labuan Angin, yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan.

Untuk diketahui, PLTU Labuan Angin merupakan salah satu pembangkit yang terkoneksi ke sistem pembangkitan di Sumatera bagian Utara (Sumbagut), yang tujuannya untuk membantu meningkatkan pelayanan listrik di Sumut. (Penrem 023/zul)

Share This:

Tags: , , , ,
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas