Tim Tanggap Bencana Korwil Disdikbud Cimarga Bantu Korban Tanah Longsor

Barometermedan |

Lebak Banten – Team Tanggap Bencana (TTB) Korwil Disdikbud Kecamatan Cimarga Lebak Banten, bergerak cepat melakukan peninjauan dua rumah yang menjadi korban bencana alam tanah longsor di Kampung Kadulingsung, kemarin.

Aksi peninjauan disertai bakti sosial itu, berawal ketika Ketua TTB Korwil Disdikbud Cimarga Tukijo S.Pd mendapat laporan akan adanya tanah longsor dikarenaka intensitas curah hujan yang cukup tinggi menjelang akhir tahun di wilayah tersebut.

Apalagi akibat longsoran tanah itu, dua rumah keluarga wali murid SD Negeri 2 Sangiang Jaya di Kadulingsung, disebut sebut mengalami kerusakan yang relatif parah, sehingga Team Tanggap Bencana yang mengemban tugas dari keluarga besar Korwil Disdikbud Cimarga, tanpa tunggu waktu langsung bergegas dan dengan sigap bergerak menuju lokasi bencana.

Untuk menjangkau lokasi, ternyata tak semulus yang dibayangkan. Dengan dipandu dewan guru SD Negeri 2 Sangiang Jaya, Team Tanggap Bencana yang berasal dari anggota PGRI (PAUD, TK, SD, SMP) mulai menjelajahi medan jalan yang extrem, hujan dan licin bermaterial lumpur, yang hanya bisa dilampaui dengan menempuh perjalanan kaki.

“Setelah beberapa kali anggota team terpeleset dan nyaris terjerembab jatuh melewati akses jalan tersebut, Alhamdulillah kami akhirnya sampai juga ke titik lokasi tanah longsor dengan selamat,”cerita Ketua TTB Korwil Disdikbud Cimarga Tukijo S.Pd kepada wartawan.

Ketua Tim Tanggap Bencana Tukijo beserta rombongan setibanya di lokasi langsung disambut antusias oleh warga setempat khususnya korban yang tertimpa musibah bencana alam tersebut.

Dengan mata berkaca kaca, korban menceritakan tentang bagaimana dahsyatnya tanah longsor yang nyaris menimbun rumah tempat tinggalnya.

“Kejadiannya sangat cepat, saat itu hujan mengguyur dengan derasnya dan berlangsung cukup lama tidak seperti hunan hari hari sebelumnya. Tiba tiba terdengar suara reruntuhan yang ternyata berasal dari longsoran tanah. Kini orang bapak bapak ini yang dengan bersusah payah jauh jauh datang hanya untuk memperhatikan nasib kami, Alhamdulillah dan trimakasih ya pak,” ujar korban sambil menyeka air matanya.

Mendengar penuturan korban, Ketua TTB Korwil Disdikbud Cimarga Tukijo dan rombongan juga sempat larut dalam suasa keharuan, sambil merangkul korban,Tukijo memberikan bantuan yang dibawanya sambil meminta korban tetap tabah mengadapi musibah tersebut.

Tukijo juga berpesan agar warga tetap waspada dan melakukan pencegahan dini dimasa musim penghujan sekarang ini, terutama bagi penduduk yang bermukim di daerah dataran tingggi, agar bencana tanah longsor seperti ini terjadi lagi.

Sejumlah kalangan di Kabupaten Lebak Banten dari tempat terpisah, secara umum memberi apresiasi dan dukungannya kepada Team Tanggap Bencana Korwil Disdikbud Cimarga pimpinan Tukijo S.Pd yang gencar menjalankan misi kemanusiaannya dalam membantu para korban, seperti yang baru baru ini dilakukannya terhadap para korban banjir di wilayahnya. (AVID)