Tersangka Penyuap I Nyoman Dharmantra Akan Segera Disidangkan

Tersangka Penyuap I Nyoman Dharmantra Akan Segera Disidangkan

Barometermedan |

Jakarta – KPK menyelesaikan proses penyidikan terhadap 3 tersangka penyuap eks anggota DPR I Nyoman Dharmantra tersangka kasus dugaan suap impor bawang putih. Ketiganya akan segera disidangkan.

“Hari ini dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti dan tersangka ke tahap dua penuntutan TPK suap terkait dengan pengurusan izin impor bawang putih tahun 2019,” demikian ungkap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (4/10/2019).

Ketiga tersangka itu adalah, owner PT Cahaya Sakti Agro Chandry Suanda (CSU) alias Afung, Doddy Wahyudi (DDW) berprofesi swasta, dan Zulfikar (ZFK) berprofesi swasta. Persidangan rencananya akan dilaksanakan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
Febri juga menambahkan dalam perkara ini setidaknya ada 26 saksi dari berbagai unsur telah dimintai keterangan. Para saksi itu mulai dari pejabat Kemendag dan Kementan serta beberapa unsur swasta.

Dalam kasus dugaan suap impor bawang putih ini, KPK telah menetapkan 6 orang tersangka. Sebagai pemberi suap yakni Chandry Suanda (CSU) alias Afung, Doddy Wahyudi, dan Zulfikar.
Sementara sebagai penerima suap, KPK telah menetapkan tersangka kepada beberapa anggota DPR 2014-2019 I Nyoman Dhamantra ; orang kepercayaan Nyoman, Mirawati Basri; dan juga Elviyanto swasta.

Dhamantra ditenggarai meminta fee Rp 3,6 miliar dan Rp 1.700-1.800 tiap kg lewat Mirawati untuk mengurus izin kuota 20 ton bawang putih. Suap itu diduga berasal dari Chandry dan Doddy.

KPK menambahkan uang yang sudah diberikan ke Dhamantra berjumlah Rp 2 miliar. uang itu ditransfer lewat rekening money changer.(red)

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas