Sweeping Satgas Pamtas Yonif 121/MK Amankan Ganja & Miras

Sweeping Satgas Pamtas Yonif 121/MK Amankan Ganja & Miras

Barometermedan | Distrik Arso ~ Untuk kesekian kalinya, Satgas Pamtas Yonif 121/Macan Kumbang berhasil menggalkan penyelundupan ganja dan miras oplosan di wilayah perbatasan RI-Papua New Guinea, tepatnya di Sektor Utara Papua.

Barang ilegal yang diamankan dalam sweeping para personel Satgas berupa ganja kering seberat 100 gram serta 5 liter miras oplosan dan 1 botol miras jenis Vodka.

“Barang ilegal itu kita amankan dalam operasi sweeping di Pos Pamtas Workwana, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua,” jelas Wadan Pos Workwana, Sertu Anton Nasution.

Saat itu, Minggu (15/4/2018), Sertu Anton Nasution memimpin operasi sweeping bersama 11 personel. Sweeping dilakukan terhadap setiap kendaraan yang melintas di pos mulai pukul 15.00-18.00 Wit.

Sekitar pukul 16.15 Wit, tim menghentikan satu unit mobil Kijang Kapsul hitam DS 1968 Q yang datang dari Arso 2 menuju Kampung Yetti. Kendaraan dikemudikan M (25).

Ketika isi kendaraan warga Kampung Yetti ini diperiksa, tim menemukan 5 liter miras oplosan. Pengakuan M, miras oplosan itu dibelinya dari salah satu warung yang ada di Arso 2 dengan tujuan untuk dikonsumsi sendiri.

Tak berselang lama, sekitar 30 menit kemudian, tim kembali menghentikan satu unit mobil Kijang Kapsul Putih PA 7145 Q yang dibawa BS (31).

Dari dalam kendaraan petani asal Kampung Ampas ini, tim menemukan satu botol miras jenis Vodka. Pengakuan BS, miras untuk dikonsumsi sendiri itu dibelinya di Abepura Jaya.

Masih dihari yang sama, sekitar pukul 16.66 Wit, tim kembali menghentikan sepeda motor Supra X biru DS 2933 AO yang dikendarai LK (15). Saat dihentikan, pelajar SMP yang beralamat di Kampung Yetti ini terlihat gugup.

Tak ayal, kecurigaan tim sweeping pun semakin bertambah, sehingga melakukan pemeriksaan secara cermat terhadap kendaraan dan bawaan LK yang bergerak menuju Arso 2.

Hasilnya, tim menemukan 6 paket ganja kering seberat 100 gram. Ganja dikemas dalam plastik kecil bening dan biru dengan berat bervariasi. Menurut pengakuan LK, ganja itu dititipkan oleh KP, warga Kampung Kibay untuk diserahkan kepada Jodan di Arso 2.

Setelah dilakukan pendataan dan koordinasi ke atasan, akhirnya seluruh barang ilegal dan pelakunya diserahkan oleh staf Intel Satgas Yonif 121/MK, Sertu Legi kepada Bripka Edi Saputro dari Polsek Arso untuk kemudian dilakukan proses lebih lanjut. (Pen Satgas Yonif 121/zul)

Tags: , , , ,
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas