Sambil Ngopi Bareng, Danramil 04/SDH Imbau Warga Antisipasi Karhutla

Sambil Ngopi Bareng, Danramil 04/SDH Imbau Warga Antisipasi Karhutla

Barometermedan | Aek Bilah ~ Sambil ngopi bareng di warung, Danramil 04/Sipirok Dolok Hole (SDH), Kodim 0212/Tapsel, Kapten Inf Marasman Siregar menyempatkan diri menyosialisasikan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga, serta dampaknya terhadap kesehatan.

Pelaksanaan komunikasi sosial (komsos) dalam rangka pembinaan teritorial (binter) ini dijalankan Danramil 04/SDH kepada warga di Desa Garahut, Kecamatan Aek Bilah, Kabupaten Tapsel, Jumat (10/8/2018).

Dalam ngopi bareng yang turut dihadiri Kades Garahut, Rinto Siregar dan sejumlah warga, Danramil 04/SDH menjelaskan bahwa pemerintah telah mengeluarkan larangan membuka lahan untuk pertanian dengan cara membakar.

“Larangan itu sangat berguna sekali di saat musim panas seperti saat ini. Karena biasanya, kebakaran terjadi di saat panas yang antara lain dipicu oleh ulah manusia yang sembarangan membuang puntung rokok,” urai Danramil.

Dijelaskan Danramil, kehadirannya ini justru untuk mengingatkan hal itu tidak terjadi, yang salah satu antisipasinya dengan cara memberi imbauan.

“Kita harus melarang warga membakar kebun untuk membuka lahan. Lingkungan kita harus dijaga dengan ketat, terutama terhadap kebiasaan masyarakat yang turun temurun melakukan pembakaran kebun usai dibersihkan. Akibatnya, sebagian petani tidak bisa menjaga wilayah perkebunan yang dibakar hingga merambah ke arah hutan,” jelas Danramil.

Jika sudah terjadi kebakaran, otomatis udara akan tercemar, dan warga lain termasuk diri sendiri juga ikut dirugikan. “Bahkan hal itu akan membuat lingkungan menjadi rusak. Karenanya, jika menyebabkan hutan terbakar, maka orang itu harus membayar ganti rugi, bahkan bisa berurusan dengan Polisi,” jelasnya.

Selain membicarakan masalah larangan membuka lahan baru untuk pertanian dengan cara membakar hutan kepada masyarakat, Danramil 04/SDH Kapten Inf Marasaman Siregar juga mengingatkan warga agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, yang justru akan mengakibatkan terjadinya kebakaran. (Penrem 023/zul)

Share This:

Tags: ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas