Respon Cepat Dandim 0206/Dairi dalam Mengatasi Kebakaran Lahan

Respon Cepat Dandim 0206/Dairi dalam Mengatasi Kebakaran Lahan

Barometermedan | Dairi ~ Kebakaran semak belukar terjadi di Bukit Bintara Ganjang, Desa Silalahi II, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Minggu (12/8/2018) pukul 14.20 Wib.

Dugaan sementara penyebab kebakaran berasal dari puntung rokok yang sengaja dibuang oleh masyarakat saat melintas di lokasi. Api dengan cepat menyebar akibat lahan semak belukar yang kering, ditambah tiupan angin kencang.

Kondisi terbakarnya semak belukar ini segera direspon Komandan Kodim (Dandim) 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto, SH dengan memerintahkan Danramil 02/Sumbul, Kapten Czi M Tambunan turun ke lokasi untuk melaksanakan upaya pemadaman.

Perintah Dandim segera ditindaklanjuti Danramil. Bersama warga masyarakat, Danramil berusaha memadamkan api secara manual. Selain itu, Danramil juga membuka komunikasi dengan Tim Manggala Agni Kabanjahe untuk penanganan lebih lanjut guna mengantisipasi kebakaran tidak sampai meluas.

Dikatakan Danramil 02/Sumbul, setelah berkoordinasi dengan aparat desa, dilakukan upaya pemadaman kebakaran dengan menggunakan gepyok atau dengan menggunakan ranting pohon. Cara ini dilakukan karena lokasi kebakaran jauh dari sumber air.

Dijelaskan Danramil lagi, sampai saat ini, upaya pemadaman terus dilakukan dengan melibatkan unsur terkait dan bantuan warga masyarakat. Sedangkan masalah pemicu kebakaran, sudah dilaporkan ke Polsek Sumbul untuk diselidiki dan kemudian dilakukan langkah-langkah hukum. (Penrem 023/zul)

Share This:

Tags: , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas