RAT Tutup Buku 2017 Primkopad Yonif Para Raider 433/Julu Siri

RAT Tutup Buku 2017 Primkopad Yonif Para Raider 433/Julu Siri

Barometermedan | Sambueja ~ Pengurus Primer Koperasi (Primkopad) Yonif Para Raider 433/Julu Siri menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2017 di Gedung Aula Praka Herlin Yonif Para Raider 433/JS, Sambueja-Maros, Sabtu (9/6/2018).

Rapat yang dilaksanakan sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban pengurus koperasi diikuti oleh seluruh prajurit Yonif Para Raider 433/JS sebagai anggota koperasi, dan dihadiri Danyonif Para Raider 433/JS, Letkol Syamsul Alam, SE.

(Photo: Yonif Para Raider 433/Julu Siri)

Rapat anggota tahunan Primkopad Yonif Para Raider 433/JS merupakan forum untuk mengkaji dan mengevaluasi pertanggungjawaban pengurus, dalam melaksanakan program kerja yang tertuang dalam rencana anggaran pendapatan belanja tahun 2017.

Hasil kajian dan evaluasi ini nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki dan menyempurnakan rencana kerja dan RAB Primkopad Yonif Para Raider 433/JS tahun 2018.

Dari rapat ini diharapkan diperoleh suatu hasil pembahasan yang lebih konkrit dari pelaksanaan tugas pada program tahun anggaran sebelumnya. Hasil evaluasi tersebut, kiranya dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk mendinamisasi pelaksanaan kegiatan tahun 2018.

(Photo: Yonif Para Raider 433/Julu Siri)

Primkopad merupakan organisasi fungsional di Satuan Yonif Para Raider 433/JS, yang mempunyai tugas pokok dalam upaya mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan prajurit dan PNS beserta keluarganya.

Selain hal tersebut, Primkopad juga merupakan organisasi yang berbadan hukum. Sebagai subyek hukum dibenarkan untuk melakukan kegiatan di berbagai bidang usaha, yang diharapkan mampu berkompetisi dan berdampingan dengan pelaku ekonomi lainnya, baik BUMN maupun swasta lainnya.

Untuk itu, kepada para pengurus agar memiliki naluri bisnis dan senantiasa mampu menangkap peluang pasar yang ada, sehingga menghasilkan profit yang optimal.

(Photo: Yonif Para Raider 433/Julu Siri)

Selanjutnya dalam pengembangan dan penganekaragaman jenis usaha, hendaknya terus diupayakan melalui berbagai bentuk kerjasama yang saling menguntungkan dengan segenap mitra usaha.

Hal ini dapat dilaksanakan secara profesional, apabila Primkopad Yonif Para Raider 433/JS mampu merencanakan, mengorganisir dan melaksanakan segala kegiatan serta melakukan pengawasan secara intensif.

Berkaitan dengan hal ini, dan untuk mewujudkan koperasi yang sehat serta mampu menghasilkan profit yang optimal, perlu adanya pembenahan di segala bidang yang meliputi pembenahan organisasi, sumber daya manusia (SDM), manajemen dan penempatan serta pembinaan personel yang memiliki kualifikasi kewirausahaan.

Seperti diketahui bersama, bahwa kendala utama dalam pembinaan perkoperasian di Yonif Para Raider 433/JS adanya keterbatasan dalam hal kualitas dan kuantitas personel pengelola koperasi. Masalah ini hendaknya menjadi fokus perhatian bersama dan sekaligus merupakan tantangan yang harus dihadapi.

(Photo: Yonif Para Raider 433/Julu Siri)

Di samping itu, guna mewujudkan koperasi yang sehat para pengurus harus memiliki tiga sehat koperasi, yaitu sehat mental (jujur, adil dan bertanggung jawab), sehat organisasi (manajemen terbuka), dan sehat usaha (pelayanan baik dan melaksanakan azas dan sendi koperasi).

Peran dan fungsi badan pemeriksa harus ditingkatkan agar diperoleh optimalisasi pelaksanaan tugas sesuai dengan prinsip keterbukaan yang dianut koperasi. Hendaknya disadari bahwa manajemen yang sehat, dinamis dan terbuka merupakan tuntutan mutlak bagi keberhasilan kopersi, karena koperasi di bentuk oleh dan untuk kepentingan anggota.(Pen Yonif 433/zul)

Tags: , ,
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas