Pulihkan Mental, Satgas PRC PB Divif 3 Kostrad Hibur Anak-Anak di Pengungsian

Pulihkan Mental, Satgas PRC PB Divif 3 Kostrad Hibur Anak-Anak di Pengungsian
Photo: Pen Yonif PR 433/JS

Barometermedan | Palu – Dalam rangka membantu pulihkan trauma dan mental anak-anak pengungsian di Subsektor Balaroa personel Yonif PR 433/Julu Siri yang tergabung dalam Satgas PRC PB Divif 3 Kostrad menghibur anak-anak dengan permainan dan psikologi lapangan yang dipandu oleh Lettu Inf Bremen Tomy Pandu Wiraguna, S.T.Han. Bolaroa, Minggu (14/10/2018).

Di tempat camp pengungsian Bolaroa, setiap tenda pengungsian dihuni orang dewasa, lansia hingga anak-anak. Puluhan anak-anak cukup stres dengan situasi seperti ini. Untuk mencegah hal itu semakin memburuk, Satgas PRC PB Divif 3 Kostrad, mengisi waktu anak-anak dengan hiburan, layaknya di tempat pramuka.

Tujuannya, untuk memulihkan mental anak-anak dari situasi terpuruk di pengungsian. Anak-anak dikumpulkan di sebuah ruang terbuka. Mereka diajak bernyanyi, kemudian dihibur dengan permainan-permainan seru.

Photo: Pen Yonif PR 433/JS

Anak-anak cukup terhibur dengan layanan psikologi lapangan dari Personel Yonif PR 433/Julu Siri ini. “Selain masalah logistik, hiburan bagi anak-anak juga sangat penting, ini untuk memulihkan kondisi psikologis anak-anak,” kata Lettu Inf Bremen Tomy Pandu Wiraguna, S.T.Han.

Permainan-permainan layaknya anak pramuka ini, mampu membuat anak-anak sejenak melupakan, bencana telah memaksa mereka berada di pengungsian. Selain hiburan, anak-anak juga diajarkan untuk lagu-lagu nasional.

Photo: Pen Yonif PR 433/JS

Ini juga sebagai bentuk implementasi dari hak anak, yakni hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi. “Kita ingin anak-anak yang ada di lokasi pengungsian, tidak larut situasi berbahaya,” tegasnya.

Upaya seperti ini meski terlihat sederhana, tetapi amat dirasakan manfaatnya oleh anak-anak di lokasi pengungsian. Anak-anak, mengaku senang dengan hiburan seperti ini. Ini cukup menggugah semangatnya kembali hidup di tengah pengungsian. (Sumber: Pen Yonif PR 433/JS)

Tags: ,
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas