Percepat Musim Tanam Ke-2, Babinsa Pantai Cermin Ikut Tanam Padi

Percepat Musim Tanam Ke-2, Babinsa Pantai Cermin Ikut Tanam Padi

Barometermedan | Pantai Cermin ~ Guna mempercepat realisasi musim tanam ke-2, Babinsa 08/Pantai Cermin, Kodim 0204/Deliserdang, Sertu Sumeh ikut membantu menanam padi di lahan milik Sutrisno di Desa Cempaka Pematang Kasih, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (16/5/2018).

Disela sela kegiatan membantu petani, Sertu Sumeh mengatakan, untuk menanam padi, tidak bisa dilakukan dengan sembarang bibit. “Kita harus tahu jenis lahan pertanian sebelum memilih bibit. Seperti lahan yang dikerjakan ini, kami menggunakan bibit padi jenis Inpari 10 karena bisa tahan terhadap kekeringan,” katanya.

Senada dengan itu, Sutrisno mengaku, pendampingan yang diberikan Babinsa sangat membantu dirinya dalam banyak hal. Mulai dari mengolah lahan, menyemai benih, melakukan pemupukan, hingga melakukan panen.

“Semenjak Babinsa turun langsung ke pertanian untuk membantu, peningkatan hasil panen dapat dirasakan oleh seluruh petani yang ada di desa kami,” katanya.

Sementara itu, Danramil 08/PC, Kapten Inf Samson menjelaskan, pendampingan Babinsa bersama PPL kepada petani saat ini, adalah waktu yang paling tepat. Karena saat ini tengah memasuki musim penghujan, khususnya di wilayah Pematang Kasih.

“Melalui pendampingan, Babinsa tidak saja membantu meringankan pekerjaan petani di sawah, tetapi juga bisa memotivasi petani untuk melakukan pola tanam jajar legowo, sehingga harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi yang lebih banyak akan bisa menggenjot produktivitas panen,” kata Danramil mengakhiri. (Penrem 022/zul)

Share This:

Tags: ,
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas