Peduli Bencana Palu-Donggala, Kodam I/BB Kirim Tim Dokter Spesialis

Peduli Bencana Palu-Donggala, Kodam I/BB Kirim Tim Dokter Spesialis

Barometermedan | Medan ~ Kodam I/Bukit Barisan kembali memberikan kepeduliannya dengan mengirim tim dokter spesialis untuk membantu warga masyarakat di Provinsi Sulawesi Tenggara, khususnya di Kota Palu dan Kabupaten Donggala yang menderita akibat gempa bumi dan tsunami yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala mendapat perhatian serius dari Pangdam I/BB, Mayjen TNI Sabrar Fadhilah dengan mengirimkan tim ahli medis sebanyak delapan orang yang pengirimannya dilakulan bertepatan dengan HUT ke-73 TNI pada 5 Oktober 2018,” kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Roy Hansen K Sinaga, kemarin.

Tim medis yang dikirim ke lokasi bencana Palu-Donggala ini dipimpin Kolonel Ckm dr Farhaan Abdullah, Sp THT yang juga Karumkit Tingkat II Putri Hijau bersama Mayor Ckm Kurniawan, Sp OT, ASN Nuah Barus sebagai penata anestesi, ASN Ferry Butarbutar sebagai asisten dokter, ASN Suryati Armas, dr Andi Taqwa l,Sp AN, Baidaruzzman penata anestesi dan M Azmi dr muda UISU.

Dijelaskan Kapendam I/BB, tim medis berangkat dari Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA) dan transit di Balik Papan untuk kemudian melanjutkan penerbangan menuju ke Palu dengan menggunakan Hercules.

Tim keehatan ini mulai kerja di RS Tk IV Wirabuana Palu guna menangani kasus patah tulang dan debridement. Kemudian tim bergabung dengan yang di RSUD Undata Palu. Di rumah sakit ini, tim menangani sebanyak 10 pasien patah tulang dan debridement.

Kemudian melakukan tindakan imobilisasi dengan posterior slab fraktur cruris (1 pasien), pemasangan pelvic wrap pada pasien fraktur pelvis (1 pasien), dan reposisi tertutup dislokasi hip joint.

Selanjutnya melakukan assesment dan penatalaksanaan awal pasien multiple trauma, operasi debridement + Fiksasi Eksternal serta penyerahan bantuan Implant Orthopedi dan peralatan gips (5 set FE, Plate-screw 3 set, dan gipsona 2 dus). (Sumber: Pendam I/BB/zul)

Tags: ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas