Pangdam I/BB Resmikan Pameran Alutsista di Lapangan Merdeka Binjai

Pangdam I/BB Resmikan Pameran Alutsista di Lapangan Merdeka Binjai
Photo: Barometermedan.net

Barometermedan | Binjai ~ Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah secara resmi membuka pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI yang digelar di Lapangan Merdeka Binjai, Sumatera Utara, Sabtu (6/10/2018) siang.

Selain menampilkan beragam jenis persenjataan milik TNI dari tiga matra, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, pameran yang dihadiri seribuan lebih warga kota “Rambutan” ini juga menampilkan alutsista yang dimiliki Polri, khususnya Polda Sumatera Utara dan jajarannya.

Photo: Barometermedan.net

Upacara pembukaan pameran alutsista dalam rangka HUT ke-73 TNI Tahun 2018 ini diawali dengan penampilan drumband Kodam I/BB, yang kemudian diikuti dengan atraksi bela diri Capoeira asal Brazil yang dibawakan prajurit-prajurit dari Yonif 125/Si/mbisa.

Dalam sambutannya, Pangdam I/BB terlebih dulu mengucapkan terima kasih kepada panitia, yakni Kodim 0203/Langkat yang telah bekerja dengan baik, sehingga pelaksanaan pameran alutsista yang diisi dengan baksos donor darah dan pengobatan gratis, serta panggung hiburan rakyat dan lomba fotografi, bisa berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Photo: Barometermedan.net

“Terima kasih kepada Kodim 0203/Langkat yang telah menyiapkan acara ini hingga bisa berlangsung dengan aman, lancar dan sukses,” sebut Pangdam I/BB.

Disebutkan Pangdam I/BB, melalui pameran alutsista ini, TNI sebagai bagian dari rakyat berupaya untuk terus memposisikan diri sebagai perekat kemajemukan, sekaligus sebagai pengawal persatuan dan kesatuan Indonesia. Bahkan TNI akan terus berupaya memajukan elemen kebangsaan tanpa memandang sekat-sekat perbedaan suku, agama, ras dan golongan.

“Visi ini kami wujudkan dengan berbagai upaya yang melibatkan beragam elemen masyarakat guna memajukan potensi kemajemukan bangsa Indonesia sebagai kekuatan sosiokultural yang dahsyat,” terang abituren Akmil 1988 ini.

Pameran alutsista yang berlangsung selama tiga hari ini, lanjut Pangdam I/BB, merupakan salah satu wujud nyata dari upaya-upaya TNI sebagai perekat kemajemukan, sekaligus sebagai pengawal persatuan dan kesatuan Indonesia

Pameran alutsista yang dimiliki TNI dan Polri se wilayah Sumatera Utara ini merupakan rangkaian dari HUT ke-73 TNI Tahun 2018, baik alutsista karya anak bangsa maupun dari berbagai negara-negara sahabat.

“Kita ketahui bersama bahwa tantangan TNI-Polri ke depan semakin berat, terutama menjelang Pemilu 2019. Namun berdasarakan pengalaman Pemilu sebelumnya, tugas pengamanan itu bisa dilakukan dengan optimal, dan terbukti sampai saat ini situasi dan kondisi di Sumatera Utara masih tetap kondusif,” tegas Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah.

Photo: Barometermedan.net

Oleh karena itu, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah berharap, situasi yang kondusif ini dapat terus terbina. Dan pada kesempatan ini juga, Pangdam I/BB mengajak seluruh prajurit TNI, personel Polri dan elemen masyarakat lainnya untuk bersama-sama merapatkan barisan, menjaga harmonisasi, soliditas, sinergitas dan Netralitas bagi TNI-Polri guna sama-sama membangun semangat yang sama dalam menjaga keamanan di wilayah Sumatera Utara.

“Saya berharap, dengan digelarnya pameran alutsista ini, maka akan semakin memantapkan kedekatan, kemanunggalan TNI-Rakyat, serta masyarakat akan memiliki kebanggaan atas modernisasi alutsista yang dimiliki TNI dan Polri selama ini,” papar Pangdam I/BB.

“Bersama Rakyat, TNI-Polri semakin kuat dalam menjaga kedaulatan negara dan keutuhan NKRI. Kepada tamu undangan dan seluruh pengunjung, kami silakan untuk melihat alutsista yang ada dengan segala keunggulan dan kelebihannya, sehingga masyarakat merasa bangga terhadap TNI dan Polri yang kemudian diharapkan generasi mudanya juga bisa bergabung menjadi prajurit TNI maupun Polri,” ungkap Pangdam I/BB.

Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah sangat berharap melalui momentum pameran alutsista ini dan peringatan HUT ke-73 TNI Tahun 2018 ini, kelak akan muncul prajurit-prajurit TNI dan personel Polri yang unggul yang bersumber dari warga masyarakat Kota Binjai dan sekitarnya.

Photo: Barometermedan.net

“Pameran alutsista ini juga dapat menjadi salah satu wahana rekreasi dan hiburan serta memberikan edukasi maupun kecintaan warga masyarakat terhadap TNI dan Polri,” pungkasnya.

Pembukaan pameran alutsista ini ditandai dengan pemukulan gong, yang kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita balon udara, serta diakhiri dengan peninjauan stand yang memamerkan pelaralatan dan senjata milik TNI dan Polri, pelaksanaan bakti sosial (baksos) berupa pengobatan gratis, dan donor darah.

Hadir dalam acara ini, antara lain, Danlantamal I Belawan, Pangkosekhanudnas III, Kapolda Sumut diwakili Dansat Brimob, Kasdam I/BB dan sejumlah Pejabat Utama Kodam I/BB, Danlanud Soewondo, Danyonko 469 Paskhas, Danyon Marhanlan I Belawan, Wali Kota Binjai, Bupati Langkat, serta Komandan Kodim (Dandim) 0203/Langkat, Letkol Inf Deni Eka Gustiana sebagai panitia penyelenggara. (zul)

Tags:
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas