Pangdam I/BB Perintahkan Intelijen Jajaran Korem 022/PT Tangkal Aksi Teror

Pangdam I/BB Perintahkan Intelijen Jajaran Korem 022/PT Tangkal Aksi Teror

Barometermedan | Siantar ~ Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, SIP memerintahkan aparat intelijen dan teritorial di jajaran Korem 022/Pantai Timur untuk menangkal aksi teror berkembang di wilayahnya.

Perintah Pangdam I/BB ini disampaikan melalui amanat yang dibacakan Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpom) I/1 Pematangsiantar Letkol Cpm Joko Murtiyono saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Bendera di Lapangan Apel Makorem 022/Pantai Timur, Jalan Asahan Km 3,5 Pematangsiantar, Senin (4/6/2018).

“Mencermati perkembangan situasi keamanan nasional belakangan ini, dimana telah terjadi berbagai aksi teror di beberapa wilayah di Indonesia yang mengakibatkan kerugian personel baik dari aparat keamanan maupun dari masyarakat sipil,” kata Pangdam I/BB seperti dibacakan Dandempom I/1 Pematangsiantar.

Beberapa rangkaian aksi teror tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap situasi keamanan, perekonomian maupun pariwisata nasional, termasuk provinsi Sumatera Utara dan dikhawatirkan berpotensi mengancam kerukunan umat beragama, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Kita tentu berharap kejadian teror bom bunuh diri maupun aksi teror yang lain tidak terjadi di wilayah Kodam I/Bukit Barisan. Oleh karena itu, menyikapi berbagai aksi teror tersebut, saya instruksikan kepada aparat intelijen dan aparat teritorial untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, melalui metode deteksi dini cegah dini maupun temu cepat lapor cepat terhadap perkembangan situasi di wilayah tanggung jawabnya,” urai Pangdam I/BB.

Pangdam I/BB juga mengatakan, sebagai informasi kepada seluruh personel Kodam I/Bukit Barisan, Satgas Pamtas RI-PNG yang dipimpin oleh Letkol Inf Imir Faishal berhasil menemukan 3 lokasi ladang ganja di Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Prestasi lain yang berhasil ditunjukkan Satgas Yonif 121/Macan Kumbang, yaitu menggagalkan penyelundupan 1,1 ton kulit kayu Mesoyi dari Papua New Guinea di Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua.

“Oleh karena itu, atas nama seluruh prajurit dan PNS Kodam I/Bukit Barisan, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Dansatgas Yonif 121/Macan Kumbang beserta seluruh prajuritnya. Prestasi ini telah membanggakan Kodam I/Bukit Barisan,” ungkap Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, SIP.

Terkait dengan hal tersebut, lanjut Pangdam I/BB, diharapkan kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam I/Bukit Barisan untuk berbuat yang terbaik bagi Kodam I/Bukit Barisan melalui prestasi, baik di medan operasi maupun perlombaan dan bukan dengan pelanggaran saja.

Upacara turut dihadiri, Dan/Ka Disjan jajaran Korem 022/PT, para Kasi Korem 022/PT, para Perwira Staf Makorem 022/PT dan Dinas Jawatan serta diikuti oleh para Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN Makorem 022/PT serta Dinas jawatan. Bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) adalah Kapten Cpm Wahyudi Hendarto. (Penrem 022/zul)

Tags: , , , , ,

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas