Lewat ke baris perkakas

Pangdam I/BB Lantik Kolonel Inf Mohammad Fadjar Danrem 023/KS & Letkol Inf Yuda Rismansyah Dandim 0201/BS

Barometermedan | Medan ~ Panglima Daerah Militer I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Ibnu Triwidodo,SIP memimpin serah terima jabatan (sertijab) Komandan Resort Militer 023/Kawal Samudera (KS) dan Komandan Distrik Militer 0201/Berdiri Sendiri (BS) Medan dalam sebuah upacara militer di Lapangan Benteng Medan, Senin (25/6/2018) jam 09.30 Wib.

Komandan Korem 023/KS di Sibolga yang semula dijabat Kolonel Inf Donni Hutabarat diserahkan kepada Kolonel Inf Mohammad Fadjar, MPCIT yang sebelumnya menjabat Paban III/Siapsat,Sopsad (Staf Operasi Angkatan Darat). Sementara itu Kolonel Inf Donni Hutabarat selanjutnya menjadi Sekretaris Disjarahad (Dinas Sejarah Angkatan Darat).

(Photo: Barometermedan.net)

(Photo: Barometermedan.net)

Begitu juga dengan Komandan Kodim 0201/BS Medan yang semula dijabat Kolonel Inf Bambang Herqutanto diserahkan kepada Letnan Kolonel Inf Yuda Rismansyah yang sebelumnya menjabat Pabandya–1/Jabkat-1 Spaban III/Binkar Spersad (Staf Personel Angkatan Darat). Sedangkan Kolonel Inf Bambang Herqutanto selanjutnya menjabat Pamen Golongan IV Pusintelad Bidang Kontra Intelijen.
(Photo: Barometermedan.net)

(Photo: Barometermedan.net)

Dalam amanatnya, Pangdam I/BB mengatakan bahwa pergantian pejabat dan mutasi personel di lingkungan TNI AD merupakan bentuk realisasi kebijakan pimpinan TNI AD dalam rangka regenerasi dan tuntutan kebutuhan organisasi, guna mengoptimalkan kemampuan satuan dan untuk mendukung tugas pokok Kodam I/BB.

“Oleh karena itu, serah terima jabatan ini hendaknya kita sikapi dengan arif dan bijak, diikuti tekad yang tinggi untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi dengan memberikan pengabdian terbaik sesuai fungsi, peran dan tugas pokok masing-masing dalam rangka tetap tegak kokohnya NKRI dan terjaminnya keutuhan wilayah nasional,” kata Pangdam I/BB.

Wilayah Kodam I/BB yang meliputi 4 (empat) provinsi, dimana pada bulan ini akan dilaksanakan Pemilukada di 6 wilayah kabupaten dan kota. Yaitu Kota Tebingtinggi, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Oleh karena itu, saya ingatkan kembali kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam I/BB, harus berpegang teguh terhadap Netralitas TNI. Jangan melibatkan diri baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan Pemilukada dan TNI hanya ikut membantu dalam menjamin pelaksanaan Pilkada berjalan aman, damai d

(Photo: Barometermedan.net)
an lancar,” tegas Pangdam I/BB.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya selaku Pangdam I/Bukit Barisan maupun pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Kolonel Inf Donni Hutabarat beserta istri, dan Kolonel Inf Bambang Herqutanto dan istri atas dedikasi yang telah ditunjukkan selama ini dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya dengan maksimal serta atas segala pemikiran dan karya nyata yang telah dicurahkan,” papar Pangdam I/BB lagi.

Selanjutnya, Pangdam I/BB juga menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas kepada Kolonel Inf Mohammad Fadjar, MPICT beserta istri sebagai Komandan Korem 023/Kawal Samudera dan Letnan Kolonel Inf Yuda Rismansyah beserta istri sebagai Komandan Kodim 0201/BS.

(Photo: Barometermedan.net)

“Saya berharap, kepercayaan, kehormatan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan TNI AD ini hendaknya diterima dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa disertai tekad untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan dengan sebaik-baiknya,” pesan Pangdam I/BB.

Kepada kedua pejabat ini, Pangdam I/BB juga berpesan untuk segera melakukan langkah proaktif dalam mengaktualisasikan tugas pokok satuan, dan sinergikan dengan dinas instansi terkait maupun dengan komponen masyarakat lainnya yang ada di wilayah.

“Segera menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi tugas yang baru, ciptakan karya nyata di lingkungan tugas agar terwujud satuan yang dapat diandalkan. Jangan berhenti berpikir, berkreasi dan berinovasi demi kemajuan dan keberhasilan organisasi yang saudara-saudara pimpin,” ungkap Pangdam I/BB.

Pangdam I/BB meyakin bahwa penempatan tugas jabatan itu sebagai suatu amanah. Dengan begitu, apapun yang dilakukan dalam kaitan tugas jabatan tersebut, harus dapat dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. “Oleh sebab itu, lakukan yang terbaik, dengan berani, tulus, ikhlas dan tetap semangat,” kata Pangdam I/BB mengakhiri amanatnya.

Hadir di acara, di antaranya Kasdam I/BB dan jajaran, Danrem 031/Wira Bima dan jajaran, Danrem 032/Wirabraja dan jajaran, Danrem 033/Wira Pratama dan jajaran, Danrem 022/Pantai Timur dan jajaran, Irdam I/BB, Danrindam I/BB, para Staf Ahli Pangdam I/BB, LO TNI AL, LO TNI AL, para Asisten dan Kabalak, para Dansat jajaran Kodam I/BB, Ketua Persit KCK PD I/BB, pengurus dan jajaran, perwakilan Danlantamal I, Pangkosekhanudnas III dan jajaran, Wakil Kapolda Sumut dan jajaran, perwakilan Pemprov Sumut, Walikota Medan, dan para undangan lainnya. (*/zul)