Pangdam Buka Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Kodam XII/Tpr

Pangdam Buka Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Kodam XII/Tpr

Barometermedan |

Mempawah – Usai dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika Daerah Kalimantan Barat, Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, memimpin Upacara Pembukaan Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Terpusat Tingkat Daerah, Kodam XII/Tanjungpura TA. 2019, dengan tema “TNI AD Melalui Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Membentuk Kader Pembina Pramuka Mahir Dasar Saka Wira Kartika Yang Handal Dan Profesional”, bertempat di Lapangan Hitam Markas Yonzipur 6/Satya Digdaya, Selasa (19/11/19).

Pembukaan kursus ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta kursus oleh Pangdam XII/Tpr selaku Inspektur upacara. Serta penyerahan bendera kepada perwakilan peserta oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, H. Suriyadi MS, S.Sos., M.Si. Kursus Mahir Tingkat Dasar kali ini diikuti oleh sekitar 300 peserta dari berbagai satuan Kowil dan Non Kowil jajaran Kodam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika dalam amanatnya menyampaikan,
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar SWK bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia Kader Pramuka.

“Melalui ini diharapkan nantinya dapat melaksanakan Pembinaan Pramuka dalam rangka membentuk karakter generasi muda yang disiapkan untuk mendukung kepentingan bela negara,” kata Pangdam XII/Tpr.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, kegiatan Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka SWK Terpusat Tingkat Daerah ini, juga merupakan wahana silaturahmi, meningkatkan kebersamaan serta meningkatkan kemampuan dan pemahaman tentang Pembinaan SWK, yang nantinya mampu melahirkan kader-kader Pramuka memiliki kepribadian yang berakhlak mulia, disiplin, terampil, mandiri dan memiliki semangat “Budi Bhakti Bawa Laksana”.

“Kegiatan ini merupakan wujud              nyata komitmen TNI AD dalam rangka menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme, patriotisme, serta rasa persatuan dan kesatuan bagi generasi muda yang pada gilirannya nanti harus siap menjadi generasi penerus bangsa,” terangnya.

Sedangkan saat memberikan keterangan kepada awak media, Pangdam XII/Tpr mengatakan, kursus mahir tingkat dasar tersebut adalah dalam rangka menyiapkan para pelatih pramuka agar kedepannya bisa melaksanakan pelatihan pramuka di wilayah masing-masing. Dengan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai pengetahuan bela negara kepada generasi muda yang ada di provinsi Kalbar.

“Dengan mereka mendapatkan ilmu tentang dasar-dasar kepramukaan sehingga mereka nanti dapat melatih sesuai nilai standard dalam pembinaan pramuka di wilayah masing-masing itu yang kita harapkan,” ujar Pangdam.

Dalam kesempatan tersebut Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menghimbau kepada generasi muda untuk masuk dalam kegiatan maupun organisasi pramuka baik di Saka Wira Kartika maupun maupun saka yang lain yang ada di sekolah masing-masing.

“Dengan bergabung menjadi anggota pramuka, generasi muda akan mendapatkan nilai-nilai pengetahuan yang baru, dan tentunya akan sangat bermanfaat di kemudian hari bagi kita selaku generasi muda yang akan menjadi calon-calon pemimpin di masa mendatang,” imbau Pangdam XII/Tpr mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas