Mayjen TNI Hassanudin : Kedatangan IKAL Sumut Beri Masukan Positif Untuk Program Kerja Kodam I/BB

Barometermedan |

Medan – Untuk memperkuat tali silaturahmi dan memperkokoh ketahanan nasional khususnya di wilayah Kodam I/BB. Maka Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI Hassanudin SIP MM telah menerima kunjungan kerja dari para pengurus Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Komisariat Provinsi Sumatera Utara di ruang Audiensi Pangdam Lt II Makodam I/BB, Rabu (16/12/2020).

Dikatakan Pangdam I/BB, selaku pejabat baru mengucapkan terimakasih atas kunjungan para pengurus IKAL Komisariat Sumut.

Pangdam berharap dengan adanya kunjungan IKAL ini bisa tindaklanjuti dengan kegiatan lainnya, terutama pihaknya ingin IKAL Sumut bisa memberikan masukan yang positif sesuai program kerja Kodam I/BB sehingga bisa memperkuat ketahanan nasional melalui empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pangdam menyebutkan bahwa dalam memperkuat dan memperkokoh Ketahanan nasional, maka keempat pilar ini harus disosialisasikan sehingga bisa meningkatkan wawasan kebangsaan, sikap bela negara, serta nilai-nilai luhur bangsa secara adil dan merata kepada warga masyarakat terutama di wilayah Kodam I/BB.

Pangdam I berharap pihak IKAL Provinsi Sumut bisa melakukan sosialisasi bersama, melalui seminar, diskusi, FGD, dan penelitian tentang masalah kebangsaan yang meliputi aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, pertahanan, keamanan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua IKAL Lemhanas Komisariat Sumut Prof Sublihar didampingi Dr. Sumandi Widjaja SH MHum menambahkan, IKAL Sumut selalu aktif membahas persoalan di NKRI. Pihaknya telah memiliki agenda dengan membahas tentang isu-isu NKRI dengan pihak Pemerintah Provinsi Sumut dan mudah – mudahan dengan pihak Kodam I/BB juga bisa kita sinergikan.

Jadi melalui IKAL Lemhanas ini pihaknya berharap bisa berperan dalam berbagai masalah mulai dari makna kebangsaan, ekonomi, kesehatan hingga isu penyelesaian konflik kebangsaan, politik dan agama, kata Prof Sublihar.

Turut hadir Sekretaris IKAL Komisariat Sumut Yohannes Purba, Bendahara IKAL Drs Hendrik Sitompul, Arman Chandra, Asintel, Aspers dan Aster Kasdam I/BB Kol. Inf Ganda Simatupang SE dan Kapendam I/BB Kol. Inf Zeni Djunaidhi S.Sos.

Sumber : Pendam I/BB