Komitmen Serma Safdar Optimalkan Pengolahan Lahan Pertanian di Pagar Merbau

Komitmen Serma Safdar Optimalkan Pengolahan Lahan Pertanian di Pagar Merbau
Photo: Penrem 022/PT

Barometermedan | Deliserdang ~ Babinsa Koramil 06/Pagar Merbau, Kodim 0204/Deliserdang, Serma Safdar Babinsa memberikan pendampingan ketahanan pangan berupa pengolahan lahan seluas 5000 meter persegi milik A Sembiring di Desa Perbarakan, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deliserdang, Kamis (13/9/2018).

“Pendampingan Hanpang dengan pengolahan lahan ini bertujuan untuk optimalisasi lahan pertanian, terutama untuk mewujudkan swasembada pangan di Kecamatan Pagar Merbau,” kata Serma Safdar yang didampingi Ketua Kelompok Tani (Poktan) Josua, Jansen Sembiring.

Dijelaskan Serma Safdar, pengolahan lahan berkaitan erat dengan penerapan pola tanam. Karena lahan yang diolah secara maksimal akan bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal pula, bila penerapan pola tanamnya dilakukan dengan baik dan benar. “Dengan pola tanam yang tepat pula, akan diperoleh hasil yang maksimal, dan petani bisa menekan biaya produksi pertanian,” jelasnya.

Apabila pola tanam tidak diperhatikan atau asal tanam, maka tanaman yang ditanam akan mudah terserang hama, sehingga untuk merawatnya memerlukan biaya yang tidak sedikit. “Penerapan sistem tanam jajar legowo yang saat ini banyak diadopsi oleh petani terbukti dapat meningkatkan hasil. Saya berharap semakin banyak petani yang menerapkan sistim tanam jajar legowo ini guna meningkatkan produksi padinya,” kata Serma Safdar.

Komandan Koramil (Danramil) 06/Pagar Merbau, Kapten Inf Budiono menambahkan, permasalahan yang bisa menyebabkan turunnya hasil produksi pertanian yang salah satunya karena pola tanam yang tidak tepat. “Untuk itu para petani harus benar-benar memperhatikan pola tanam, di samping penyiapan lahan, benih serta cara merawat tanaman dan pemupukan,” terangnya.

Sementara itu, A Sembiring yang mendapat pendampingan dari Babinsa mengaku sangat terbantu dalam pengolahan lahan pertaniannya. Dengan kehadiran Babinsa pula, Sembiring bisa menjalin komunikasi terkait hal-hal di bidang pertanian.

“Kehadiran Babinsa di lahan pertanian, jelas sebagai sarana untuk menanyakan apabila dalam mengolah dan merawat tanaman didapatkan kendala seperti hama tanaman dan cara pemupukan tanaman yang tepat. Terima kasih Babinsa,” kata Sembiring mengakhiri. (Penrem 022/zul)

Tags:
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas