Kodim 0102/Pidie Selenggarakan Kegiatan Penghijauan

Kodim 0102/Pidie Selenggarakan Kegiatan Penghijauan

Barometermedan |

Pidie – Dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan dan kualitas kontinuitas air melalui penanaman pohon mangrove serta mendukung suksesnya Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 12 Tahun 2018 terkait penggunaan dana desa untuk pelestarian lingkungan hidup.

Komando Distrik Militer 0102/ Pidie bersama Mapala UNIGA Jabal Gafur , Saka Wira Kartika Kodim Pidie dan Elemen Pecinta Alam, melaksanakan kegiatan penghijauan dengan penanaman tumbuhan bakau di Daerah Aliran Sungai Desa Sukon Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie. Minggu (10/03/2019).

Dalam sambutannya Dandim Pidie 0102/ Pidie menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mapala Uniga Jabal Gafur bersama Saka Wira Kartika Kodim Pidie yang telah ikut berpartisipasi kegiatan penanaman mangrove dan juga terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati Pidie yang telah berkenan membuka acara kegiatan ini.

Lanjut Dandim, perlu kita ketahui bersama bahwa tanaman mangrove sangat penting keberadaannya, selain sebagai habitat penting bagi biota laut , Hutan Magrove juga sebagai filter atau Intruisi agar air laut tidak merembes ke daratan yang menyebabkan air daratan menjadi payau.

“Kita ketahui bersama bahwa pada akhir tahun 2004 di Aceh telah terjadi bencana Tsunami, selain mengakibatkan korban jiwa dan meluluhlantakkan seluruh bangunan juga mengakibatkan hilangnya hutan mangrove yang sebelumnya telah ada”.

“Melalui penanaman kali ini, kita semua berusaha untuk melestarikan kembali hutan mangrove demi lestarinya lingkungan dan  meningkatkan produksi oksigen seperti apa yang di programkan pemerintah mengurangi Gas Rumah Kaca”. Pungkas Dandim.

Sementara itu Wakil Bupati Pidie dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan tersebut, yang mana kegiatan penanaman pohon mangrove ini sejalan dengan program pemerintah kabupaten Pidie tentang pelestarian lingkungan hidup.

“Dimana Pemerintah Kabupaten Pidie telah mengesahkan Perbup Nomor 12 Tahun 2018 tentang Penggunaan Dana Desa untuk pelestarian Lingkungan Hidup, yang mana tiap – tiap desa wajib menganggarkan dan melakukan kegiatan penghijauan di lingkungan desanya”. Tutup Wabup Pidie.(Pendam IM)

banner 300x250

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas