Ketahui Hasil Panen, Babinsa Batang Angkola, PPL & Poktan Gelar Ubinan Padi

Ketahui Hasil Panen, Babinsa Batang Angkola, PPL & Poktan Gelar Ubinan Padi
(Photo: Penrem 023/KS)

Barometermedan | Angkola ~ Babinsa Koramil 11/Batang Angkola, Kodim 0212/Tapanuli Selatan, Sertu M Pohan membantu pengubinan padi Inpari milik petani di Desa Batu Horpak, Kecamatan Tantom Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pengubinan dalam rangka pendampingan Upsus Pajale (Upaya khusus pertanian padi, jagung, dan kedelai) ini turut melibatkan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Tantom Angkola, dan Kelompok Tani (Poktan) Saroha.

“Pengubinan padi jenis Inpari ini bertujuan untuk meningkatkan hasil panen, dan kita melakukannya dengan tulus ikhlas bersama PPL dan Poktan Saroha,” kata Sertu M Pohan di sela-sela kegiatan, Jumat (20/7/2018).

(Photo: Penrem 023/KS)

Menurut Sertu M Pohan, pendampingan untuk ubinan padi siap panen ini bertujuan untuk meningkatkan serapan gabah (sergap) yang sekarang diintensifkan di wilayah Desa Batu Horpak.

Dijelaskannya, pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan petugas pertanian maupun statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian seperti padi.

Teknik ini paling umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil gabah dalam luasan 1 hamparan (1 hektar). “Melalui pengubinan ini, para petani dapat mengetahui perkiraan potensi hasil dari tanaman padi yang dikelolanya,” ucap Sertu M Pohan.

(Photo: Penrem 023/KS)

Sementara, Ketua Poktan Saroha, Pak Nasution mengucapkan terima kasih kepada Babinsa dan PPL yang sudah tulus ikhlas membantu panen padi milik petani dengan cara ubinan.

“setelah dilaksanakan pengubinan bersama, kita dapat mengetahui hasil panen yang sebenarnya. Ternyata tanam padi biasa dengan sistim jajar legowo (Jarwo) 2:1 yang sudah saya coba, hasilnya lebih meningkat dibandingkan dengan sistim tanam biasa,” ujarnya. (Penrem 023/zul)

Tags: , , , , , , , ,
banner 300x250

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas