Jaga Kesuburan Padi, Ini yang Dilakukan Babinsa Salapian

Jaga Kesuburan Padi, Ini yang Dilakukan Babinsa Salapian

Barometermedan | Salapian ~ Babinsa Koramil 05/Salapian, Kodim 0203/Langkat, Kopda Erwandi ikut membantu penyemprotan rumput di lahan seluas 4 rante milik Mariosa Sitepu (48) di Desa Adin Tengah, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Selasa (7/8/2018).

Kopda Erwandi menjelaskan, penyemprotan rumput liar atau gulma di lahan pertanian bertujuan untuk mengurangi tanaman induk berebut unsur hara. “Dengan penyemprotan yang baik dan teratur, tanaman bisa dipastikan akan tumbuh subur, sehingga menghasilkan panen maksimal,” sebutnya.

Selain itu, pendampingan kepada petani juga sebagai wujud dari Babinsa dalam upaya menyukseskan swasembada pangan secara nasional.

Kopda Erwadi menguraikan, gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi pada budidaya padi sawah. Penyemprotan tanaman padi dan membersihkan persaingan gulma dengan padi dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen.

Karenanya, lanjut Kopda Erwadi, gulma dapat menurunkan hasil panen, sehingga penumpasan penting dilakukan agar pertanian tidak mengalami kerugian, semisal gagal panen dan lainnya. (Penrem 022/zul)

Tags: , ,
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas