Hadiri Gawai Dayak, Babinsa Merakai Pantau Hasil Panen Padi

Hadiri Gawai Dayak, Babinsa Merakai Pantau Hasil Panen Padi

Barometermedan |

Sintang – Babinsa Koramil 1205-09/Merakai Kodim 1205/Sintang, Sersan Dua Baso Yusuf bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang Bpk. Tery Ibrahim, menghadiri kegiatan Gawai Dayak di Desa Kubu, Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang. Tradisi ini telah dilaksanakan secara turun temurun dari nenek moyang dan masih dilestarikan sampai sekarang, Minggu (23/6/19).

Upacara adat gawai Dayak  merupakan tradisi yang di gelar masyarakat Kalimantan Barat sebagai ungkapan rasa syukur kepada Jubata (Tuhan ) yang telah memberikan berkat atas hasil panen padi yang diperoleh dari sawah atau lading, dan sebagai tanda di mulainya musim tanam padi. Perayaan tradisi gawai Dayak dilaksanakan setiap satu tahun sekali yang diadakan di Kota/Desa dan Lamin (rumah panjang).

Komandan Kodim 1205/Sintang Letkol Inf Rachmat Basuki menjelaskan, kehadiran Babinsa di acara tersebut guna memantau hasil panen yang masyarakat, sekaligus pendampingan dimulainya musim tanam padi. Jajaran Kodim 1205 akan terus memantau dan mengawal pertanian sehingga petani bisa meningkatkan kesejahteraannya.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian hadiah bagi pemenang lomba bola volly dan lomba sumpit, juga dilaksanakan penancapan tiang pertama pembangunan Gereja GPSK Hermon Kubu Berangan oleh Wakil Ketua DPRD Sintang. Tampak hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten, Kepala bagian perbatasan Kabupaten Sintang dan juga tokoh – tokoh adat yang ada di sekitar Kabupaten Sintang. (Pendam XII/Tpr)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas