Gubsu : “GEMA Mathla’ul Anwar Harus Jadi Organisasi Modern Terbuka”

Barometermedan |

Medan – Generasi Muda (GEMA) Mathla’ul Anwar harus meningkatkan kontribusinya untuk bangsa dan negara. Upaya itu dapat dilakukan dengan melakukan modernisasi organisasi.

Demikian harapan Gubsu Edi Rahmayadi yang disampaikan staf ahli bidang ekonomi, keuangan, pembangunan, aset dan sumberdaya alam Dr. Agus Tri Priyono, pada pelantikan DPW GEMA Mathla’ul Anwar Provinsi Sumut, di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemprovsu, Sabtu (27/03/2021).

“Sebagai organisasi modern harus terbuka pada sumberdaya manusia dari beragam latar belakang. Organisasi modern juga harus terbuka pada perubahan zaman,” ujarnya.

Generasi muda dapat menjadi mitra pemerintah yang handal terutama dalam menangkal hoax yang berkembang di tengah masyarakat. “Sejak dulu generasi muda menjadi pencerah di lingkungannya masing-masing,” katanya.

Pandangan serupa juga disampaikan Ketua Majelis Amanah PW Mathla’ul Anwar Sumut KH. Dr. M Syafi’i Siregar, Lc, yang meminta generasi muda dapat bersinergi dengan generasi yang lebih senior untuk bersama-sama menguatkan nilai-nilai kebangsaan yang dirasakan mulai memudar.

“Mari kita buktikan bahwa Mathla’ul Anwar adalah Ormas Islam terbesar ketiga setelah NU dan Muhammadiyah yang menjadi penjaga NKRI,” kata Syafi’i.

Pada acara itu, Ketua Umum DPP GEMA Mathla’ul Anwar, Ahmad Nawawi Arsyad melantik Armansyah Harahap, M. Pd sebagai Ketua,Ahmad rizzaqy El ardhy sebagai sekretaris, Wirda Ritonga sebagai bendahara DPW GEMA Mathla’ul Anwar periode 2020-2025 bersama pengurus lainnya.

Para pengurus yang dilantik tersebut merupakan kombinasi para aktivis, profesional, akademisi dan enterpreneur muda, sehingga diharapkan dapat memberi warna bagi aktivitas pemuda di Sumut.

Menurut Ahmad Nawawi, para pengurus baru itu menjadi suntikan segar bagi kaderisasi di GEMA Mathla’ul Anwar.

“Bekal pendidikan dan pengalaman beragam yang dimiliki para pengurus menjadi modal besar bagi kiprah GEMA Mathla’ul Anwar di Sumut,” kata Nawawi.

Acara pelantikan tersebut juga diisi dengan dialog tentang Desa dan Mathla’ul Anwar, yang mana Sekretaris Dinas PMD, Bambang Elkadi, SKM, M.Kes meminta kader GEMA Mathla’ul Anwar membantu program desa tangguh yang menjadi program Pemprovsu.

“Selama ini pemuda desa yang pintar keluar dari desa ke kota. Mari kita bangun kembali desa oleh pemuda,” kata Bambang.

Sementara itu Pengurus DPP GEMA Mathla’ul Anwar, Destika Cahyana, menyampaikan bahwa Mathla’ul Anwar juga berasal dari desa tetapi kemudian meluas hingga tingkat nasional.

“Kita bisa membangun perubahan dari desa karena sumber kekuatan bangsa justeru ada di desa,” kata Destika.

Pelantikan tersebut juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, SH, Dir Intelkam Poldasu , Staf Aster Kasdam I/BB Mayor Inf Eko Yudho P, Ketua Majelis Amanah DPW Mathla’ul Anwar Sumut Dr. KH. Syafii Siregar, MA, Ketua Majelis Amanah Gema MA H Ardiansyah Saragih, SH, MH , Kepala Dinas PMD Sumut Ir Aspan Sofyan, MM dan lainnya. (AVID)