Genjot Produktivitas Jagung, Babinsa Sibolangit Tak Sungkan Mencangkul

Genjot Produktivitas Jagung, Babinsa Sibolangit Tak Sungkan Mencangkul

Barometermedan | Sibolangit ~ Untuk menggenjot produktivitas jagung, Babinsa Koramil 03/Sibolangit, Kodim 0204/Deliserdang, Kopda Syam Tarigan rela mencangkul lahan seluas 4.000 meter persegi milik Johanes Ginting di Desa Rumah Sumbul, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Rabu (16/5/2018).

“Selain mencangkul, saya juga membantu merawat dan membersihkan tanaman jagung yang sudah berumur 25 hari. Semua itu dilakukan hanya untuk menghasilkan tanaman jagung yang subur, sehingga diperlukan perawatan yang rutin, terutama pembersihan rumput liar atau gulma yang saat jagung mulai tumbuh seperti inilah, waktu yang tepat untuk melakukannya,” papar Kopda Syam Tarigan.

Dijelaskan Kopda Syam Tarigan, pembersihan rumput sebaiknya dilakukan secara terus menerus sampai buah jagung sudah mulai tua dan batangnya mulai mengering. “Saat jagung sudah mulai kering, pembersihan rumput dapat dilakukan dengan menggunakan herbisida,” urainya.

Sementara itu, Danramil 03/Sibolangit, Kapten Inf Saut Hutabalian menambahkan, pendampingan Babinsa bertujuan untuk meringankan pekerjaan petani dalam merawat, dan mengolah lahan.

“Babinsa akan terus menerus memberikan pendampingan kepada petani di desa binaannya. Karena pendampingan itu merupakan wujud dari komitmen TNI AD dalam mendukung program swasembada dan ketahanan pangan nasional,” kata Danramil mengakhiri. (Penrem 022/zul)

Share This:

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas