Genjot Capaian Hanpang, Babinsa Sarang Padang Terus Dampingi Petani

Genjot Capaian Hanpang, Babinsa Sarang Padang Terus Dampingi Petani
Photo: Penrem 022/PT

Barometermedan | Dolok Silau ~ Dalam upaya meningkatkan produksi padi untuk capaian ketahanan pangan (Hanpang), Babinsa Koramil 18/Sarang Padang, Kodim 0207/Simalungun, Serda Dedi Irawadi terus memberikan pendampingan kepada petani di Nagori Cingkes, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun.

Pendampingan yang dilakukan pada Rabu (10/10/2018) kemarin, turut melibatkan Sekdes setempat, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Juma Batu Empat dan warga masyarakat sekitar.

Serda Dedy Irawadi mengatakan, peran aktif Babinsa dalam pendampingan kepada petani, salah satunya bertujuan untuk memberi motivasi dan sebagai bentuk kepedulian dalam mewujudkan ketahanan pangan yang telah dicanangkan pemerintah.

“Karena itu, dengan turunnya Babinsa secara langsung ke petak sawah, diharapkan tidak saja memotivasi petani untuk mengolah lahannya dengan maksimal, tetapi juga bisa memberi solusi dalam permasalahan pertanian,” tukasnya.

Serda Dedy Irawadi juga menjelaskan, pendampingan Babinsa kepada petani juga salah satu strategi dalam upaya khusus (Upsus) pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale), yang meliputi pengecekan saluran irigasi, olah lahan, penyemaian bibit, pemupukan dan panen.

Di kesempatan yang sama, Serda Dedy Irawadi juga membantu petani mengecek saluran irigasi untuk pengairan sawah seluas 300 hektar yang selama beberapa waktu terakhir mengalami masalah.

Dari hasil pengecekan, ternyata ditemukan beberapa titik saluran air yang rusak. “Temuan ini akan segera dikoordinasikan dengan kepala desa, sehingga upaya perbaikannya bisa dilakukan secara bergotong royong dengan warga masyarakat,” terang Serda Dedy Irawadi.

Di sela-sela kegiatan, Sekretaris Desa Cinkes, Sius Sikelta Tarigan didampingi Ketua Poktan Juma Batu Empat, Rudi Hartono Tarigan, mengucapkan terima kasih kepada Serda Dedy Irawadi yang terus aktif memberikan pendampingan pertanian kepada warga di desa binaannya.

“Dengan peran aktif Babinsa seperti yang diperlihatkan Serda Dedy Irawadi, kami optimistis program Hanpang, khususnya di Nagori Cingkes, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun bisa tercapai dengan gemilang,” pungkas Tarigan. (Sumber: Penrem 022/PT/zul)

Tags: ,
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas