Delegasi Indonesia Jadi Ketua CTIF di Singapura

Barometermedan |

 

Delegasi Indonesia yaitu Letnan Kolonel Inf Henru Hidayat Susanto dari BAIS TNI dipercaya dan ditunjuk sebagai Ketua Counter Terrorism Information Facility (CTIF) untuk pertama kalinya dengan masa penugasan selama satu tahun. Hal itu dikatakan oleh Atase Pertahanan RI di Singapura Kolonel Pnb Benny Arfan pada saat melaksanakan kunjungan kerja ke markas CTIF di Changi Naval Base, Singapura, beberapa hari yang lalu.

Athan RI mengatakan bahwa pada pertemuan tanggal 14 November 2020 lalu di Ministry of Defence Singapura, TNI dan  Singapore Armed Force (SAF) telah menyepakati dan menandatangani perjanjian kerjasama dalam pengoperasian CTIF. Hal ini bertujuan untuk memperkuat diplomasi militer dan pertahanan terkait isu terorisme melalui pertukaran informasi.

CTIF beranggotakan 10 negara yang merupakan perwakilan dari Angkatan Bersenjata setiap negara yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Australia, Amerika Serikat, Philipina, Brunai Darussalam, New Zealand, Vietnam dan Thailand. Forum ini nantinya menjadi media dalam pendeteksian dan pencegahan dini aksi terorisme di kawasan dengan cara saling bertukar informasi dan memanfaatkan advance technology yang didukung oleh kemampuan Basic Human Intelligence.

Selanjutnya Kolonel Pnb Benny Arfan mengatakan TNI merupakan alat negara di bidang pertahanan, juga mempunyai tugas operasi militer selain perang yang salah satunya adalah mengatasi aksi terorisme termaktub dalam UU No 34 Tahun 2004, pasal 7 ayat 2. Dalam mendukung pelaksanaan tugas tersebut, TNI terus meningkatkan kemampuan operasional dan memanfaatkan jalur diplomasi militer untuk berkerja sama dengan Angkatan Bersenjata negara sahabat dalam upaya penanggulangan terorisme.

Sementara itu Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo menyampaikan apresiasinya bahwa delegasi Indonesia dari TNI diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk memimpin sebagai Chief of CTIF.

“Diharapkan delegasi Indonesia mampu memberikan warna yang baik terhadap organisasi tersebut sekaligus mengambil manfaat dalam upaya membantu penanganan terorisme di tanah air”, ucapnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *