Danrem 071/WK Kunjungi Huntara Pengungsi Gempa Kalibening

Danrem 071/WK Kunjungi Huntara Pengungsi Gempa Kalibening

Barometermedan | Kalibening ~ Komandan Korem (Danrem) 071/Wijaya Kusuma, Kolonel Kav Dani Wardhana, SSos, MM, MTr (Han) mengunjungi hunian sementara (Huntara) pengungsi korban gempa bumi Kalibening, Banjarnegara, Rabu (16/5/2018).

Dalam peninjauan itu, Danrem 071/WK didampingi Dandim 0704/Banjarnegara, Letkol Inf Bagas Gunanto A. Di sela-sela peninjauan, Danrem 071/WK menyampaikan apresiasinya atas kinerja prajurit beserta warga yang telah peduli membantu kesulitan para korban gempa bumi.

“Apa yang telah dilakukan ini sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap kesulitan yang dialami masyarakat yang tertimpa musibah. Kegiatan ini sebagai bentuk dan wujud TNI, khususnya Korem 071/WK terhadap kesulitan rakyat. Kepedulian TNI untuk memantapkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, serta sebagai bagian dari upaya TNI membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi dan menangani bencana alam ini,” papar Danrem 071/WK.

Dijelaskan Kolonel Kav Dani Wardhana, Korem 071/WK sebagai bagian dari komponen utama dalam mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI, juga bertugas melakukan pemberdayaan wilayah dengan mempelopori usaha-usaha dalam rangka membantu kesulitan yang dialami masyarakat.

Di samping itu, lanjutnya, sebagai wahana mendekatkan TNI kepada rakyat, sehingga rakyat selalu mencintai TNI. “Rakyat ibu kandung TNI dan inti kekuatan kita adalah kemanunggalan TNI dan Rakyat. Dengan terjalinnya hubungan yang erat bersama rakyat, TNI kuat, bangsa Indonesia akan tetap ada sampai kapanpun. Karena dengan kedekatan yang semakin kuat dan kokoh, persatuan dan kesatuan akan semakin kuat dan kokoh pula,” tukas Danrem 071/WK.

Hunian sementara bagi masyarakat pengungsi yang terdampak bencana gempa beberapa waktu lalu, pembuatannya dilakukan TNI bersama dengan komponen masyarakat yang peduli dan berempati terhadap sesama.

“Kita bangun Huntara ini agar warga masyarakat yang mengungsi dapat leluasa guna menjalani aktivitas seperti biasa. Sebelum Huntara dibangun, warga yang menjadi korban gempa, tinggal di tenda-tenda pengungsian, rumah-rumah warga yang tidak terdampak dan di ruang-ruang sekolah.

Setelah 15 hari pasca gempa, Huntara mulai dibangun di dua lokasi, yakni di Dusun Bakalan dan Dusun Tawang Desa Kertosari, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara pada 27 April 2018 lalu,” urai Kolonel Kav Dani Wardhana.

Huntara dibangun di Desa Tawang ditempati 22 KK yang masing-masing berukuran 4 m x 5 meter, dan ditiap KK memiliki pintu masing-masing. Huntara dibuat model kopel berderet menyerupai barak-barak tentara dan difasilitasi 8 kamar mandi model air mancur tanpa bak mandi serta WC 8 buah berupa kloset jongkok yang merupakan buatan Staf Teritorial Korem 071/WK.

Sedangkan di Desa Bakalan, Huntara dibuat untuk 18 KK dengan ukuran 3 meter x 7 meter dengan pintu masing-masing. Modelnya kopel berderet dilengkapi kamar tidur 3 meter x 5 meter, dapur 3 meter x 1,5 meter, teras 3 meter x 1 meter, dan kamar mandi serta kloset jongkok 8 unit.

Hingga saat ini, pembangunan fasilitas Huntara hampir 100% rampung. Di antaranya di Desa Tawang 16 plong/ruang per KK mencapai 90%, kamar mandi 4 unit dan jamban 4 unit mencapai 90%, dapur umum 8 unit mencapai 95%. Sedangkan di Bakalan 12 plong/ruang per KK mencapai 80%, kamar mandi 8 unit dan jamban mencapai 100%, dapur umum 8 unit 100%.

Di samping itu, terdapat fasilitas lain yang tidak kalah pentingnya untuk warga pengungsi. Yakni dibuatkannya “Amben” atau tempat tidur 32 unit, (rampung 24 unit). 18 unit di Desa Tawang dan 6 unit di Desa Bakalan.

“Diharapkan dengan dibangunnya huntara ini, dapat bermanfaat bagi warga masyarakat pengungsi di Kalibening Banjarnegara ini,” ucap Danrem 071/WK, Kolonel Kav Dani Wardhana.

Sementara itu, salah seorang penghuni Huntara, ibu Tarni (60), warga Dusun Jeruk Legi Rt.2 Rw.1 Desa Kertosari, Kec. Kalibening Kab. Banjarnegara, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada TNI, khususnya Korem 071/WK dan Kodim 0704/Bna

“Terima kasih TNI, Korem 071/WK dan Kodim 0704/Bna atas kepedulian yang diberikan pada kami. Dengan dibuatkan Huntara ini, walaupun sederhana, namun bagi kami sangat berarti. Karena selama di tempat pengungsian sebelumnya, kami harus hidup berdesak-desakan baik di tenda-tenda pengungsian maupun ruang/gedung sekolah. Berkat bantuan TNI, kami dan keluarga beserta warga lainnya dapat hidup normal seperti biasa dalam menjalani aktivitas sehari-hari,” ungkapnya.

Usai meninjau Huntara, Danrem 071/WK dengan didampingi Dandim 0704/Bna menyerahkan bantuan berupa perlengkapan dan kebutuhan warga pengungsi gempa Kalibening.
(Penrem 071/zul)

Share This:

Tags: , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas