Danrem 023/KS Pimpin Apel Gelar Pasukan PAM VVIP Ibu Negara

Danrem 023/KS Pimpin Apel Gelar Pasukan PAM VVIP Ibu Negara
Danrem 023/KS Kolonel Inf Donni Hutabarat memeriksa pasukan pengamanan VVIP Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang akan melakukan kunjungan kerja ke wilayah sentral Tapanuli, 17-18 April 2018.

Barometermedan | Silangit ~ Komandan Korem (Danrem) 023/Kawal Samudera, Kolonel Inf Donni Hutabarat memimpin apel gelar pasukan pengamanan very very important person (PAM VVIP) Ibu Negera Iriana Joko Widodo yang melakukan kunjungan kerja ke wilayah sentral Tapanuli, 17-18 April 2018.

Apel yang digelar di Lapangan Bandara Internasional Silangit, Senin (16/4/2018), diikuti oleh semua unsur yang tergabung dalam satuan tugas pengamanan wilayah (Satgas Pamwil) yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan pihak terkait lainnya. Dalam apel ini, juga digelar pelataran dan perlengkapan pendukung tugas PAM VVIP Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Di kesempatan itu, Danrem 023/KS yang membacakan amanat Pangdam I/BB, Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, SIP menegaskan, pengamanan VVIP bertujuan untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi VVIP, dan menjamin keamanan wilayah yang dikunjungi oleh VVIP setiap saat di manapun berada.

“Ancaman terhadap VVIP bukan hanya merupakan ancaman terhadap keselamatan dan keamanan saja, namun juga ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan dan kedaulatan negara, martabat dan kewibawaan pemerintah. Untuk mengatasi berbagai potensi ancaman tersebut, TNI dibantu institusi terkait perlu menyelenggarakan operasi pengamanan secara terpadu,” tegas Pangdam I/BB dalam amanatnya.

Oleh karena itu, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan tiap-tiap Satgas Pamwil secara keseluruhan, baik personel, materiil maupun sarana pendukung pengamanan lainnya.

“Saya selaku Pangkoops pengamanan VVIP harus dapat meyakini bahwa tiap-tiap Satgas Pamwil sudah memiliki kesiapan operasional yang mampu untuk menangkal berbagai kerawanan dan kontijensi yang diprediksikan dapat terjadi,” sebut Danrem 023/KS menyampaikan harapan Pangdam I/BB.

Apel gelar pasukan ini menggambarkan totalitas kesiapan pengamanan, mulai dari H -1 sampai selesai kunjungan kerja Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan.

“Pengamanan VVIP ini harus berjalan dengan berhasil dan tidak ada kata ulangi. Setiap Dansatgas dan Subsatgas dituntut mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal, serta mampu dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan,” tegas Pangdam I/BB.

Sementara itu, Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 023/KS, Mayor Arm Ojak Simarmata menambahkan, kunjungan kerja (kunker) Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan dalam rangka melaksanakan beberapa agenda kegiatan di wilayah Korem 023/KS.

“Ada 3 (tiga ) kabupaten yang dikunjungi Ibu Negara. Yakni Tapanuli Utara, Tobasa dan Samosir. Kunker Ibu Negara direncanakan selama dua hari, yakni dari 17-18 April 2018, dan selama berada di wilayah jajaran Korem 023/KS, Ibu Negara dan rombongan akan mendapat pengawalan ketat dari unsur terkait,” urai Kapenrem 023/KS.

Ditambahkan Kapenrem 023/KS lagi, di mana tempat selama Ibu Negara dan rombongan akan melaksanakan kunjungan, maka di situ akan dilakukan pengamanan secara maksimal.

“Pengamanan maksimal akan diberikan, terutama di rute kunjungan, selain pengamanan Ring 1, Ring 2, dan Ring 3 serta di sejumlah titik yang dianggap berpotensi terjadi gangguan,” tutup Mayor Simarmata. (Penrem 023/zul)

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas