Danramil & Babinsa Jajaran Kodim 0103/Atar Ikuti Sosialisasi Sergap dari Bulog Lhokseumawe

Danramil & Babinsa Jajaran Kodim 0103/Atar Ikuti Sosialisasi Sergap dari Bulog Lhokseumawe

Barometermedan | Lhokseumawe – Ketahanan pangan merupakan salah satu faktor penentu situasi dan kondisi disuatu wilayah, sebab apabila ketahanan pangan tidak pada kondisi yang baik, maka dapat dipastikan akan berpengaruh pada stabilitas ketahanan yang lainnya.

Demikian disampaikan Kasdim 0103/Aceh Utara Mayor Czi Indra Puji Triwanto, SH disela-sela kegiatan sosialisasi Serapan Gabah (Sergab) kepada para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0103/Aceh Utara di Gudang Bulog Lhokseumawe, Desa Ule Blang Mane, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Selasa (20/3/2018).

Lebih lanjut dikatakan Kasdim, Sergap atau Serapan Gabah ini bertujuan untuk memenuhi stok beras pada Bulog tercukupi sebagai persediaan bahan pangan apabila di wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara terjadi hal hal yang tidak diinginkan, seperti bencana alam dan gagal panen serta lainnya. “Pada intinya Sergab itu dari masyarakat dan kembali kepada masyarakat,” katanya.

Untuk itu, Lanjut Mayor Czi Indra, kepada masyarakat dihimbau untuk menjual sebagian hasil panennya kepada pihak Bulog agar persedian beras di Bulog tercukupi dan terciptanya kedaulatan pangan di Kota Lhokseumawe dan Kabupatem Aceh Utara.

“Perlu pelibatan semua pihak baik dari Dinas Pertanian, Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan, Petugas Penyuluh Lapangan, gabungan kelompok tani (Gapoktan),Bulog serta Babinsa dan Pengusaha dalam mewujudkan semua ini,” harapnya.

Sementara Kepala Bulog Lhokseumawe, Armia mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi Sergab ini adalah untuk mendukung dan mensukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan swasembada Pangan khusunya di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara.

“Untuk menysuksekan Sergab, Bulog dan Kodim Aceh Utara telah membentuk Tim yang akan bekerja semaksimal mungkin untuk melakukan pembelian gabah dari Petani,” katanya.

Armia berharap kepada petugas di lapangan agar bekerja keras seoptimal mungkin sehingga Petani bersedia untuk menjual sebagian hasil panennya kepada Bulog sehingga Bulog mempunyai beras cadangan dan apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan stok beras mencukupi. (Pendam IM)

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas