Dandim 0205/TK Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas di Karo

Dandim 0205/TK Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas di Karo

Barometermedan | Karo ~ Komandan Kodim (Dandim) 0205/Tanah Karo, Letkol Inf Taufik Rizal, SE memimpin upacara bendera peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 Tahun 2018 di wilayah Kabupaten Karo.

Acara yang digelar di Stadion Bola Kaki Samura, Desa Samura, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Senin (21/5/2018) pagi, dihadiri tak kurang dari 800 peserta upacara terdiri dari unsur Forkopimda Kabupaten Karo, personel militer dari Kodim 0205/TK dan Yonif 125/Si’mbisa, Polres Karo, ibu-ibu Persit, Dharma Wanita dan Bhayangkari, organisasi massa, mahasiswa, pelajar serta Pramuka.

Peringatan Harkitnas ke-110 Tahun 2018 ini mengangkat tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kabangkitan Nasional Indonesia di Era Digital”. Selain Dandim 0205/TK sebagai Irup, juga tampil Pasimin Kodim 0205/TK Kapten Czi M Tarigan sebagai Perwira Upacara, Pasiter Kodim 0205/TK Kapten Inf K Ginting sebagai Komandan Upacara, dan penggerek bendera dari anggota Paskibra Pemkab Karo.

Dalam amanat Menkominfo RI, Rudiantara yang dibacakan Irup disebutkan, bahwa para pendahulu telah memberikan yang terbaik bagi terbentuknya bangsa dengan memberikan komitmen sepenuh jiwa raga, meskipun dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana saat itu, mereka terus menghidup-hidupi api nasionalisme dalam diri masing-masing.

“Sekarang kondisi bangsa ini telah punya hampir segala yang dibutuhkan dan telah mampu menghasilkan energi yang dahsyat dan mampu untuk membawa kepada kejayaan,” terangnya.

“Dalam Butir kelima dari Nawacita Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan,” tambah Menkominfo dalam sambutannya.

“Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) pada tahun 2019, melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun-tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Menteri Rudiantara dalam amanatnya juga menjelaskan, bahwa kekayaan alam merupakan sumber daya yang terbatas. Butuh segudang prasyarat untuk bisa dieksploitasi, dan selalu ada limit untuk menggenjot pemanfaatannya. “Sedangkan sumber daya manusia kita menyediakan kapasitas dan kapabilitas yang sangat luas untuk dikembangkan.

Oleh sebab itu tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital” dalam peringatan Harkitnas kali ini, harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang guna meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri,” paparnya.

Di akhir amanatnya, Menkominfo mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110. Mari maknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang.

Hadir di upacara, antara lain Bupati Karo Terkelin Brahmana, Wakil Bupati Karo Corry Sebayang, Kapolres Karo AKBP Benny Hutajulu, Kajari Karo Gloria Sinuhaji, Danyon 125/Si’mbisa Letkol Inf Victor CF, Sekda Karo Kamperes Terkelin Purba, dan lainnya. (Penrem 023/zul)

Share This:

Tags: , ,
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas