Buka Mata Lihat Indahnya Dunia, Cara Kodim 0210/TU Sosialisasikan Operasi Katarak Gratis

Buka Mata Lihat Indahnya Dunia, Cara Kodim 0210/TU Sosialisasikan Operasi Katarak Gratis
Photo: Penrem 023/KS

Barometermedan | Tarutung ~ Melalui tema “Buka Mata Lihat Indahnya Dunia”, Kodim 0210/Tapanuli Utara terus menyosialisasikan operasi katarak gratis kepada warga di wilayah teritorialnya.

Acara sosialisasi yang digelar di Markas Kodim 0210/TU di Tarutung, Sabtu (15/9/2018) ini merupakan hasil kerja sama Kodam I/Bukit Barisan dengan PT Agincourt Resources, Yayasan A New Vision, Walubi, dan Inti Sumut.

Kegiatan bakti sosial ini juga merupakan rangkaian dari penyambutan sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2018 di wilayah Kodim 0210/TU.

Acara turut dihadiri Dandim 0210/TU, Letkol Inf Rico Julianto Siagian, Kasdim 0210/TU Mayor Arh Keles Sinaga, para pengurus Persit, para Perwira Kodim 0210/TU, para Babinsa Kodim 0210/TU, perwakilan Staf Walubi, para Camat, tokoh masyarakat sewilayah Kodim 0210/TU, para Bidan, perawat, dan guru se Kabupaten Taput.

Photo: Penrem 023/KS

Dalam sambutannya, Dandim 0210/TU Letkol Inf Rico Julianto Siagian mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada para peserta yang hadir. Dijelaskannya, sosialisasi katarak ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran bagi peserta, sehingga mengetahui ciri, tanda, dan orang yang menderita katarak.

“Katarak adalah lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya. Kondisi katarak bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total,” jelas Dandim.

Dalam perkembangannya, katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan pengerasan lensa, menyebabkan penderita menderita miopi, mata berubah menjadi berwarna kuning hingga coklat/putih secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi persepsi akan warna biru.

Photo: Penrem 023/KS

Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan dan menyebabkan kehilangan penglihatan serta berpotensi menyebabkan kebutaan jika katarak terlalu tebal. “Kondisi ini biasanya memengaruhi kedua mata, tetapi hampir selalu satu mata dipengaruhi lebih awal dari yang lainnya,” urai Dandim lagi.

Di kesempatan itu, Dandim juga menjelaskan, kegiatan operasi katarak akan dilaksanakan secara terpadu antara Kodam I /Bukit Barisan dan Yayasan Walubi. Karenanya, Dandim berharap dukungan dari para guru, perawat, puskesmas, bidan, tokoh masyarakat untuk melakukan penjaringan warga yang terkena katarak. “Mari kita laksanakan dengan niat yang tulus dan penuh rasa tanggung jawab untuk membantu masyarakat,” ajak Dandim.

Sementara dari staf PT Katarina Hardono senior manajer Corcom PT Agincourt mengatakan, saat ini kita berkumpul dalam rangka pekan informasi operasi katarak gratis yang juga dirangkai dengan perayaan HUT ke-73 TNI Tahun 2018.

Photo: Penrem 023/KS

Pekan informasi katarak ini sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dan sampai tahun 2017 kemarin, program ini telah sukses mendukung lebih 5000 orang masyarakat, memfasilitasi 15000 orang mengikuti pemeriksaan mata, dan 6000 menjalani operasi katarak.

“Pada Oktober 2018 ini, program sosial ini kembali hadir untuk warga di sekitar Tambang Emas Martabe. Bapak dan ibu, mari kita manfaatkan bersama acara pekan informasi katarak gratis 2018 ini, guna menjadi bekal pemahaman dan keterampilan kita untuk mendeteksi gejala katarak,” katanya.

Ajakan senada juga disampaikan perwakilan dari PT Agincourt Resources yang mengimbau warga untuk ikut bergabung dalam kegiatan bakti sosial ini.

Warga di Kota Medan sekitarnya dipersilakan untuk mendaftar ke Kodim atau Koramil terdekat yang akan dimulai pada 9 Oktober 2018. Kemudian melaksanakan scerening di Rumkit Putri Hijau Medan pada 10 Oktober 2018, dan operasi pada 11 Oktober 2018. Sedangkan untuk wilayah Rumkit Padangsidempuan, screening dimulai dari 11-12 Oktober 2018, dan operasi pada 13-15 Oktober 2018.(Penrem 023/zul)

Tags: ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas