Bantu Petani Olah Lahan, Babinsa Meranti Ikut Perbaiki Benteng Sawah

Bantu Petani Olah Lahan, Babinsa Meranti Ikut Perbaiki Benteng Sawah

Barometermedan | Meranti ~ Babinsa Koramil 18/Meranti, Kodim 0208/Asahan, Serda Beslin Silalahi membantu mengolah lahan dengan cara memperbaiki benteng sawah yang mulai ambruk di lahan milik Sukri di Dusun IV, Desa Meranti, Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan, Rabu (16/5/2018).

Menurut Serda Beslin Silalahi, pengolahan tanah dilakukan sesuai kondisi lahan. Pada prinsipnya pengolahan tanah dilakukan untuk menciptakan kondisi yang optimal bagi pertumbuhan tanaman, yaitu menciptakan keseimbangan antara padatan, aerasi dan kelembaban tanah.

“Pengolahan tanah bertujuan untuk mengubah sifat fisik tanah agar lapisan yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Dengan begitu gulma akan mati dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi lebih baik, lapisan bawah tanah menjadi jenuh air, sehingga dapat menghemat air,” paparnya.

Tujuan lain pendampingan ini, lanjut Serda Beslin Silalahi adalah untuk membantu meringankan pekerjaan petani di sawah, di samping untuk membangun komunikasi dua arah antara Babinsa dengan petani, termasuk untuk menyukseskan program swasembada dan ketahanan pangan nasional. (Penrem 022/zul)

Share This:

Tags: , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas