Babinsa Koramil Adipala dan Petani Terima Sosialisasi Pupuk Organik Cair

Babinsa Koramil Adipala dan Petani Terima Sosialisasi Pupuk Organik Cair

Barometermedan | Cilacap – Babinsa Koramil 08/Adipala, Kodim 0703/Cilacap, Sertu Sugiarto dan Serda Rahmat bersama Ketua Kelompok Tani (Poktan) Desa Karangbenda dan Desa Glempangpasir, menerima sosialisasi pupuk organik cair oleh PT Persada Agro Nusantara dari Purwokerto. Acara sosialisasi dilangsungkan di Kantor Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Selasa (22/1/2019).

Kegiatan ini merupakan inisiatif Rudi Priyanto Ismail dari PT Persada Agro Nusantara Purwokerto untuk mensosialisasikan pupuk organik cair kepada para petani di Adipala. Turut hadir dalam acara, antara lain Babinsa Desa Karangbenda, Sertu Sugiarto, Babinsa Desa Glempangpasir, Serda Rahmat, Ketua Poktan Sriwidadi Desa Karangbenda, Jasmin, Ketua Poktan Margo Rahayu Desa Glempangpasir, Sunarto, Kaur Umum Desa Karangbenda, Miskam, dan perwakilan para petani desa setempat.

Kegiatan yang dilakukan dikemas dalam bentuk interview antara pihak PT Persada Agro Nusantara Purwokerto dengan para petani. Rudi mengatakan, budidaya tanaman dan kendala tanaman yang dihadapi para petani, sebagai bahan untuk evaluasi ke depan dalam meningkatkan mutu tanaman padi.

Tanggapan positif datang dari Ketua Kelompok Tani Sriwidadi, Desa Karangbenda, Jasim Hidayat. “Pupuk organik cair sangat-sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan kualitas mutu tanaman padi. Kami harapkan ke depan agar PT Persada Agro Nusantara dapat memberikan demo bagi untuk melihat secara nyata di lapangan,” ucap Jasim Hidayat menyampaikan harapan, seraya menambahkan mudah-mudahan interview ini dapat memberikan masukan bagi bapak Rudi untuk menyampaikan kepada pimpinan sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan mutu tanaman padi.

Sertu Sugiarto, Babinsa Koramil 08/Adipala yang sering terjun di lapangan mengaku paham betul permasalahan yang dihadapi petani. Karenanya, Sertu Sugiarto pun menyampaikan kepada pihak PT Persada Agro Nusantara Purwokerto, beberapa kendala yang kaitanya dengan penanaman padi yang akhir-akhir ini daunya berwarna kuning. “Apakah mungkin terjadi karena pengaruh musim saat ini atau barangkali karena lahan sawah yang berupa pasir?” tanyanya.

“Untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan demo sesuai dengan aturan pemupukan lahan khusus lahan pasir. Pemupukan organik cair ini dimulai dari awal penanaman padi, mengingat tanaman padi di Desa Karangbenda dan Glempangpasir sudah terlanjur di tanam. Maka kita berlanjut ke tanaman palawija yang sudah di anam saat ini,” papar Rudi. (Sumber: Pendim 0703/Clp)

Tags: , , ,

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas