Babinsa Kenalkan Kepada Petani Manfaat Buah Mengkudu Untuk Membasmi Hama Tikus

Babinsa Kenalkan  Kepada Petani Manfaat Buah Mengkudu Untuk Membasmi Hama Tikus

Barometermedan |

Aceh Jaya – Babinsa Koramil 03/Lageun Kodim 0114/Aceh Jaya Sertu Parwoto memperkenalkan kepada petani tentang buah mengkudu yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir hama tikus. 

Langkah ini  dilakukan Sertu Parwoto berawal dari rasa prihatinnya terhadap serangan hama tikus yang kerap merusak tanaman padi milik petani di  Desa Lhok Geulumpang Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya yang merupakan desa binaannya. 

Tidak jarang para petani akan  rugi bahkan mengalami gagal panen jika hama tikus tidak dapat dikendalikan. 

Dengan memanfaatkan layanan jaringan internet Sertu Parwoto menemukan salah satu cara membasmi hama tikus  yang masih belum pernah dilakukan petani di desa tersebut yaitu memanfaatkan buah mengkudu. 

Setelah mempelajari cara memanfaatkan buah mengkudu  kemudian Sertu Parwoto mensosialisasikannya kepada petani bahkan dirinya turun  mencari buah mengkudu  dan  membagikannya. 

” Hama tikus ini selalu menjadi tantangan bagi petani setiap musim.  Saya bertekad ingin membantu membasminya. Salah satu caranya dengan memanfaatkan buah mengkudu,” kata Sertu Parowoto, Rabu (3/6/2020). 

Sertu Parwoto menjelaskan cara memanfaatkan buah mengkudu ini sangat mudah yaitu dengan cara memotong atau mengirisnya kemudian menaburkannya di  tengah sawah. 

” Sangat mudah, buah yang sudah matang di potong – potong atau diiris kemudian ditaburkan ke tengah sawah,” jelas Parowoto. 

Menurut Parowoto aroma dari buah mengkudu yang menyengat  membuat hama tikus tidak betah. 

“Aroma mengkudu yang menyengat membuat tikus tidak tahan,” tambah Parwoto. 

Sertu Parowoto juga mengakui sudah beberapa kali mencoba pemanfaatan buah mengkudu ternyata sangat efektif mengusir  hama tikus sehingga dirinya ingin para pentani mencobanya. 

” Sudah kita coba dan berhasil. Ke depan kita akan  terus mensosialisasikannya kepada petani, cara seperti ini juga ramah lingkunan tanpa bahan kimia,” tutupnya.(red)

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas