Air Nav Indonesia Kembali Gelar Java Traditional Balloon Festival 2019 di Pekalongan

Air Nav Indonesia Kembali Gelar Java Traditional Balloon Festival 2019 di Pekalongan

Barometermedan |

Pekalongan – Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) bekerja sama dengan pemerintah Kota Pekalongan kembali menggelar kegiatan Java Traditional Balloon Festival 2019, yang bertempat di Stadion Hoegeng kelurahan Kraton, Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan, Rabu ( 12/6/2019).

Kegiatan dilaksanakan di Kota Pekalongan untuk ke 2 kalinya setelah tahun 2018 silam sukses menggelar kegiatan serupa. Untuk peserta sendiri untuk tahun 2019 ini yang mendaftar ada 107 Tim namun yang bisa hadir ada 105 Tim, dan kegiatan di buka langsung oleh Gubernur Jateng H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP.

Dikatakan Ganjar bahwa, berbagai acara yang diselenggarakan saat ini oleh Pemkot Pekalongan adalah kreativitas dari walikota yang sangat baik dan perlu dilestarikan.

“ Saya sangat apresiasi dengan kegiatan ini, dan kreativitas dari walikota ini perlu kita dukung untuk terus dilestarikan, karena sangat bermanfaat bagi keselamatan lalu lintas penerbangan di indonesia dan terlihat masyarakat bisa berkumpul dengan sangat guyub dan rukun.”ujarnya.

Sementara itu, Noviriyanto Raharjo (Direktur Utama Airnav Indonesia) mengatakan, terselenggaranya acara pada hari ini, merupakan tindak lanjut dalam melestarikan tradisi masyarakat menerbangkan balon udara tanpa mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan khususnya di pulau Jawa.

Lanjutnya, dalam peraturan Menteri Perhubungan nomor 40 tahun 2018 besaran balon yang standar dengan ukuran tidak melebihi lebar 4 meter, Tinggi 7 meter, dan balon juga tidak boleh dilepas namun harus ditambatkan sesuai dengan ketinggian maksimal 150 meter.

Menyambut baik dengan kegiatan yang dilaksanakan, Dandim 0710/Pekalongan juga sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang diselenggarakan, dan berharap selain sebagai sosialisasi tentang menerbangkan balon demi keselamatan penerbangan juga bisa dijadikan obyek wisata tahunan.

“Tentunya ini hal yang positif yang harus kita dukung, karena dengan kegiatan seperti ini, masyarakat bisa mengerti tentang bahaya apabila menerbangkan balon sesuai ketentuan yang berlaku, atau dilepas begitu saja,”tuturnya.

Dalam event Java Traditional Balloon Festival 2019 ini, panitia juga menyediakan hadiah dengan total mencapai Rp. 70.000.000., yang diberikan kepada pemenang perlombaan yang terbagi dalam beberapa kategori.(rus.red)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas