7 Gembong Curanmor Profesional Antar-Provinsi Digulung Intel Korem 031/WB

7 Gembong Curanmor Profesional Antar-Provinsi Digulung Intel Korem 031/WB
Photo: Penrem 031/Wirabima

Barometermedan | Pekanbaru ~ Petualangan tujuh gembong pencurian kendaraan bermotor (curanmor) profesional yang malang melintang di antara wilayah Provinsi Riau, Kerinci dan Jambi, akhirnya kandas di tangan tim Intelijen Korem 031/Wirabima, Kodam I/Bukit Barisan.

Sindikat curanmor yang diorganisir ketujuh pelaku yang merupakan Target Operasi (TO) pihak Kepolisian Daerah (Polda) Riau ini, berhasil dibongkar tim Intel Korem 031/WB dalam dua hari dari tempat berbeda-beda.

“Kejahatan mereka sudah sangat meresahkan warga Kota Pekanbaru sekitarnya. Dari tujuh pelaku, masing-masing di antaranya punya peranan berbeda-beda dalam melancarkan aksi kejahatannya. Seperti penadah hingga pemetik (eksekutor),” terang Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 031/WB, Mayor Inf Sunarto dalam press conference di Makorem 031/WB di Pekanbaru, Sabtu (29/9/2018).

Dari tangan ketujuh bandit ini, Intel Korem 031/WB juga mengamankan sejumlah barang bukti kejahatan, termasuk narkoba. Yakni, tiga unit sepeda motor, berbagai macam kunci letter T, senjata tajam, dompet dan surat-surat kendaraan.

“Inisial ketujuh pelaku yang diamankan terdiri dari F, I, U, D, K, IM dan HM. Mereka dibekuk Tim Intel Korem 031/WB tanpa mendapat perlawanan sedikitnya,” terang Mayor Inf Sunarto.

Ditambahkannya lagi, ketujuh terduga diamankan dari tujuh lokasi berbeda di seputaran Kota Pekanbaru dalam dua hari operasi yang dipimpin Komandan Tim (Dantim) Intel Korem 031/WB, Mayor Inf Bismark Sitorus.

“Guna penyidikan selanjutnya, kita segera berkoordinasi dengan pihak Polda Riau. Karena diduga masih ada dua pelaku lainnya yang belum tertangkap yang kini sudah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO),” terang Mayor Inf Sunarto, seraya menambahkan ketujuh pelaku kerap menjual ranmor curiannya ke daerah Kerinci dan Jambi.

Mengenai narkotika jenis sabu-sabu yang turut diamankan, Kapenrem 031/WB menjelaskan beratnya sekitar 2,8 gram. “Selain barang bukti sabu-sabu, juga diamankan bong (alat isap sabu), plastik bening dan timbangan digital,” tukasnya.

Secara terpisah, Komandan Korem (Danrem) 031/WB, Brigjen TNI Sonny Aprianto, SE, MM mengapresiasi kinerja Tim Intel yang berhasil membongkar aksi kejahatan terorganisir dari ketujuh tersangka.

“Kita wajib memberikan rasa aman, dan nyaman kepada masyarakat, khususnya di Pekanbaru, Provinsi Riau. Karena dengan ditangkapnya para terduga pelaku, TNI yang lahir dari Rakyat secara nyata turut berperan dalam menciptakan kondusifitas wilayah,” pungkas Danrem, sembari menegaskan ketujuh tersangka segera diserahkan ke Polda Riau untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. (Sumber: Penrem 031/WB/zul)

Tags:
banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

Lewat ke baris perkakas